Tahukah Kau apa Yang Kekal dari Manusia?

The Bamboo Forest and some great Twitter Lists to followSahabatku, warna hijau menandakan kehidupan, kesegaran, dan muda. Dan memang begitulah mata manusia memang akan selalu merasakan kesegaran saat menjumpai pemandangan yang berwarna hijau.

Kebun, sawah dan ladang yang dipenuhi dengan tetumbuhan baik yang perdu maupun pohon, warna hijau selalu membuat mata manusia tertarik. Bila telah merasakan nikmatnya, banyak yang merasa ketagihan untuk mendapatinya kembali.

Dan Rasulullah saw juga menjelaskan bahwa dunia ini hijau dan manis. Sebagaimana hijau dalam pandangan manusia yang menyegarkan, maka dunia juga menyegarkan dalam pandangan manusia.

Harta, jabatan, istri dan anak yang menyenangkan adalah sesuatu yang hijau dalam pandangan manusia. Yang mendapatinya akan senantiasa merasakan muda meski telah keriput kulitnya.

“Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah, Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al Kahfi: 45)

Sungguh kekayaan dunia itu ibarat tanaman yang menghijau di atas bumi yang tandus setelah tersiram air hujan. Tapi Allah juga mengingatkan bahwa yang hijau itu akan menjadi kering, yang muda akan menjadi tua.

Setelah itu semua itu akan hilang dari atas bumi. Tidak ada yang abadi di dunia ini sahabatku. “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan”.(QS. Al Kahfi: 46)

Kecuali tentu saja amal kebaikan yang kekal di sisi Allah. Dan itu lebih baik daripada semua harta yang ada di dunia yang bakal musnah.

Apa saja amal kebaikan yang kekal itu? Menurut Ibnu Abbas yakni memperbanyak mengingat Allah dengan membaca Laa ilaaha illallah, Allahu Akbar, Subhaanallah, Alhamdulillah, Tabarakallah, La hawla walaa quwwata illaa billah, Astaghfirullah, Shallallahu ‘ala Rasuulillaah, dan puasa, shalat, haji, bersedekah, membebaskan budak, jihad, silaturahim, dan melakukan kebaikan yang lain. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s