Bolehkah Menerima Hadiah dari Harta Zakat atau Sedekah?

presentsBertetangga adalah suatu hal yang lumrah bagi seorang muslim. Bahkan lebih dari itu, bagi seorang muslim bertetangga itu penting. Bahkan saking pentingnya, Rasulullah diingatkan Jibril agar berbuat baik kepada tetangga seakan-akan tetangga itu adalah bagian dari keluarga kita.

Dalam bertetangga, saling bertukar hadiah adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri dan ajang untuk bersilaturahim. Dan di sinilah terkadang muncul masalah.

Bila kita bertetangga dengan mustahik atau orang yang tidak mampu, bisa jadi mereka juga memberikan kita hadiah. Namun bagaimana bila hadiah itu kita ketahui dari harta zakat atau sedekah, bolehkah kita menerima dan mengkonsumsinya.

Ternyata Rasulullah pernah mengalaminya. Suatu ketika, Rasulullah masuk ke dalam rumah Aisyah dan bertanya, “Apakah kau memiliki makanan?” Dan Aisyah menjawab, “Tidak ada, kecuali daging domba yang dikirimkan oleh Nusaibah, yang dagingnya berasal dari domba yang kau sedekahkan.

Maka kemudian Rasulullah saw bersabda, Bawalah ke mari, karena sesungguhnya sedekah itu telah sampai ke penghalalannya.'” Dan Rasulullah pun menikmati daging domba tersebut.

Dalam riwayat yang lain juga Rasulullah juga menikmati daging yang berasal dari hadiah Barirah, dimana daging itu berasal dari zakat yang diberikan kepada Barirah. Rasulullah menyampaikan, “Daging itu adalah zakat untuk nya, dan bagi kami adalah hadiah.”

Maka, sebenarnya menerima hadiah dari orang lain – di mana kita ketahui bahwa orang itu mendapatkan harta itu dari pemberian zakat atau sedekah –  diperbolehkan. Wallahu a’lam

Sumber: Ringkasan Shahih Bukhari No. 743 dan 744

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s