Pemimpin Bukan Sekedar Memiliki Kemampuan Orasi

Leadership is by resultsSahabat, seringkali kita salah mengartikan siapakah pemimpin yang hebat itu? Banyak yang mengartika seorang pemimpin ialah yang memiliki orasi menggelora, atau dicintai oleh banyak orang. Namun apakah itu bisa menjamin seseorang menjadi pemimpin yang sukses.

Bagi seorang Peter Drucker, begawan ilmu manajemen, seorang pemimpin yang efektif itu bukan yang memimiliki kemampuan pidato yang hebat. Bukan juga seseorang itu menjadi orang yang dicintai banyak orang.

Meskipun kini kemampuan komunikasi dan popularitas memang penting untuk dipilih menjadi pimpinan, tapi untuk menjadi pemimpin dibutuhkan lebih dari pada itu.

Seberapapun besarnya kemampuan individu seseorang, bila ia tidak mampu memberikan hasil yang baik bagi yang dipimpinnya dia bukanlah seorang pemimpin yang efektif. Meskipun dia memiliki kapasitasnya.

Oleh karenanya janganlah kau menjadikan kemampuan atau skill sebagai satu-satunya rujukan untuk menetapkan seseorang menjadi pemimpin. Lihatlah hasil yang telah diberikan.

Apakah ia telah menghadirkan hasil ketika ia berada di bawah? Karena orang yang telah menghadirkan hasil, ia telah merasakan proses untuk mewujudkan hasil itu. Secara tidak langsung dia juga telah tertempa untuk menaikkan kapasitasnya agar mampu memberikan hasil.

Rasulullah telah memberikan hasil sebelum beliau diangkat oleh Allah sebagai Rasul. Nabi Saw telah mendapatkan gelar Al Amin. Beliau telah menunjukkan hasil sebelum menjadi pemimpin umat Islam.

Maka apakah kau juga telah menghadirkan hasil kepemimpinanmu sahabatku?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s