Tahukah kau apa itu “Tanah Bongkaran?”

Bu Ita Pendampin program beasiswa PKPU Surabaya di Keputran Panjunan

Bu Ita Pendamping program beasiswa PKPU Surabaya di Keputran Panjunan

“Tanah bongkaran,” sebuah istilah yang asing bagiku. Dan aku yakin kau juga tidak banyak tahu tentang apa itu sebenarnya “tanah bongkaran” itu. Aku mendapat istilah itu dari Bu Ita, salah satu pendamping program beasiswa kami di Keputran Panjunan.

“Sebenarnya, banyak warga di sini tidak memiliki tanah mas. Jadi banyak di antara mereka sebenarnya tinggal di atas ‘tanah bongkaran.’” Itulah penjelasan Bu Ita terkait kondisi warga di Keputran Panjunan.

“’Tanah bongkaran’ itu seperti apa Bu? Kok kami baru pertama kali ini dengar ada istilah ‘tanah bongkaran,’ kalau surat ijo, petok, dan tanah pemkot kami sudah tahu, tapi kalau ‘tanah bongkaran,’ kami belum tahu Bu.” Sahut aku dan temanku, penanggung jawab program PKPU Surabaya.

“Tanah di sini ini sebenarnya sebagian besar milik Pemerintah Kota Surabaya. Kami, warga yang sudah lama tinggal di sini ini sebelumnya satu rumah ditinggali dua sampai tiga keluarga.”

“Maka warga meminta ijin kepada pemkot agar warga diijinkan untuk membangun rumah. Daripada tanah kosong yang ada dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak benar, pemkot mengijinkan tapi ada syaratnya.”

“Bila nanti suatu ketika Pemerintah Kota Surabaya ingin memanfaatkan lahan di sini, ya rumah-rumah yang dibangun tadi harus dibongkar. Dan pembongkaran itu tidak mendapatkan ganti rugi dari Pemerintah Kota Surabaya.”

“Daripada harus berpindah, atau mencari lokasi di tempat lain, warga di sini akhirnya sepakat, itulah ‘tanah bongkaran.’” Kami hanya bisa menganggukkan kepala.

Program beasiswa yang kami berikan kepada para siswa yang tinggal di atas Tanah Bongkaran Keputran Panjunan semoga bisa memberikan tambahan semangat kepada para orang tua untuk mengutamakan pendidikan putranya.

Sumber: diskusi dengan Bu Ita, Pendamping program beasiswa PKPU Surabaya.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s