Bagaimana Panduan Allah bagi Manusia dalam Menikmati Dunia?

Boleh Mengambil duniaSahabatku, banyak sekali peringatan dari Allah dan Rasul-Nya tentang bahaya terlalu memfokuskan diri pada dunia. Bahkan bila membandingkan antara keadaan dunia dan akhirat, maka akhirat itu jauh lebih baik.

Maka, bagaimanakah sebaiknya kau menikmati dunia? Bagaimana panduan Allah agar manusia tetap bisa menikmati dunia ini namun tidak mendapatkan penyesalan di akhirat kelak?

Sebuah kisah yang diberikan oleh Allah untuk menggambarkan penggunaan dan menikmati dunia ini diperankan oleh Qarun. Kisahnya bisa kau lihat di surat Al Qashash mulai ayat 76 sampai dengan ayat 82.

Di antara kisah Qarun itu terdapat panduan indah yang Allah sampaikan, Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. Al Qashash: 77)

Maka Allah meminta agar manusia senantiasa memfokuskan dirinya untuk mencari bekal bagi akhiratnya. Namun karena bekal akhirat itu didapatkan ketika hidup di dunia, maka Allah juga tidak mengharamkan dunia.

Allah malah mengingatkan bahwa dirimu ini punya hak sebagaimana Allah juga punya hak atas dirimu. Keluarga, masyarakat, bahkan tamu-tamu yang datang padamu juga punya hak, maka penuhilah hak-hak itu.

Makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, pasangan, semua itu adalah salah satu cara agar kita bisa menjaga hak-hak itu. Allah membolehkan kita menikmati dunia namun juga mengingatkan di awal, bahwa apapun yang ada di dunia ini akan kau pertanggungjawabkan di akhirat kelak. Sudahkah kau menjaga hak-hak yang ada pada dirimu sahabatku? Wallahu a’lam.

2 responses to “Bagaimana Panduan Allah bagi Manusia dalam Menikmati Dunia?

  1. berarti kita harus mengutamakan akhirat drpda dunia kan..??
    tpi sekolah saya malah mndorong saya untuk lebih mencintai dunia,, dan tnpa sadar akhirat pun terlupakan.. sprti cntohnya sholat dhuhur saya jdi slalu trlambat.. krena jam pulang sekolah yg trlalu sore,, dan sya tdk d beri ijin untuk sholat,, hnya pda awal sja d beri ijin.. hri2 brkutnya jdi gk d ijinin..
    punya solusi gk ya..??

    • terima kasih atas pertanyaannya. kalau saran sih:
      1. coba cari tempat sholat seperti masjid atau musholla di dekat sekolah. sekaligus siapkan pakaian untuk sholat bila tidak memungkinkan menggunakan seragam sekolah.
      2. Apakah tidak ada tempat sholat di sekolah? dan apakah tidak ada tempat yang bisa digunakan untuk sholat? ketika waktu sholat datang cukup ijin dan mengambil air wudhu
      3. Sekolah di mana? bila memang sekolah negeri biasanya ada fasilitas

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s