Apa itu Employee Engagement?

employee engagementEntahlah sahabat, kata-kata itu kini semakin banyak berseliweran di dunia maya. Semua situs dan media sosial yang berkicau tentang ilmu manajemen pasti pernah mengicaukannya.

Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi aneh, maka kubiarkan saja kata employee engagement itu apa adanya. Namun mengapa kata ini demikian gencar harus kau tahu alasannya?

Sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi tiap orang untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan. Baik kebutuhan sendiri atau kebutuhan keluarga dan orang yang ditanggungnya.

Nah, dalam proses bekerja ini seringkali kita jumpai banyak yang menggunakan karir pertamanya sebagai batu loncatan untuk mencari pekerjaan lain yang lebih. Lebih dari segi finansial maupun kesempatan naik ke karir yang lebih tinggi.

Hal ini membuat khawatir para manajer dan pimpinan perusahaan. Para karyawan yang telah mendapatkan banyak ilmu kemudian menyeberang ke perusahaan lain, dan yang paling parah menyeberang ke perusahan saingan.

Maka, banyak perusahaan saat ini berusaha membuat agar para karyawan bisa tinggal lebih lama, bahkan tak berpindah-pindah. Muncul-lah employee engagement. Ikatan emosional karyawan dengan perusahaannya.

Tapi ingat ikatan emosional dengan perusahaan ini sering disalahartikan. Ada yang mengatakan bahwa employee engagement ini berarti employee happiness. Bukan, engagement itu bukan bahagia. Karyawan yang banyak senyum dan tertawa di tempat kerja bukan berarti bahwa ia merasa terikat.

Employee engagement ini juga bukan employee satisfaction. Engagement ini bukan kepuasan. Bila disurvey tentang kepuasan kerja karyawan, mungkin banyak yang menjawab ‘puas’. Tapi tetap saja tidak ada yang menghalangi mereka mencari kerja di tempat lain.

Mereka yang engaged dengan tempat kerja terikat secara emosional dengan tujuan perusahaan. Mereka bekerja bukan sekedar untuk dapat gaji, dan kenaikan karir tapi lebih dari itu.

Oleh sebab itu karyawan yang sudah engaged biasanya akan rela kerja lembur meski tidak diminta. Petugas kebersihannya akan tetap membersihkan meski pimpinannya tidak di tempat.

Sekarang setelah kau tahu apa itu employee engagement, bagaimana mewujudkannya? Ada saran?

Sumber inspirasi: http://www.forbes.com/sites/kevinkruse/2012/06/22/employee-engagement-what-and-why/

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s