Bagi Allah, Mengambil Kemuliaanmu Bukanlah Sesuatu yang Sulit

sumber gambar: flickr.com

sumber gambar: flickr.com

Sahabatku, sesungguhnya Allah-lah yang menentukan segala sesuatu apapun yang ada di bumi ini, terhadap semua makhluk-Nya termasuk dirimu, diriku, dan semua manusia yang ada.

Ketika seseorang merasa bahwa kemuliaan yang ia dapatkan karena kerja keras semata, maka sesungguhnya ia telah kafir kepada nikmat Allah. Ia mengingkari bahwa semua anugerah ini sebenarnya telah ditetapkanNya.

Maka bila kau mendapati sesuatu yang membuatmu kagum dan takjub, Allah mengajarkan agar mengucapkan “Maa syaa Allah, laa quwwata illaa billaah.” Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Karena sesungguhnya semua manusia diciptakan dari wujud yang sama, setetes air mani. Namun atas kekuasaan Allah sajalah, manusia itu kemudian setelah lahir dan besar kemudian mendapatkan kemuliaan dengan harta dan kedudukan.

Janganlah kau merasa sombong atas apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu sahabatku. Bila kau berlaku sombong, sesungguhnya Allah sangat mudah untuk mengambil kemuliaan yang telah ia berikan.

Allah bisa saja menurunkan adzab dari langit berupa hujan yang sangat lebat yang akan menumbangkan semua tanaman dan pepohonan. Semua apa yang ada di atas bumi kemudian hilang, masuk ke dalam tanah.

Semua kekayaan dan kebun yang indah akhirnya hilang tak berbekas. Dan semua itu sangat mudah bagi Allah. Maka berhati-hatilah sahabatku. Jangan sampai kesombongan itu muncul dalam dirimu.

Sadarilah, bahwa semua yang kau miliki hanyalah titipan. Yang bila pemilik sebenarnya ingin mengambil, kau tak akan memiliki kuasa apapun atas harta dan kekayaan yang ada.

Laa haula wa laa quwwata illaa billaah, tidak ada daya dan tiada upaya melainka hanya dengan (pertolongan) Allah. Wallahu a’lam.

Sumber inspirasi, Tafsir Ibnu Katsir Surat Al Kahfi ayat 37-41

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s