Enggan Berinfak Saat Berkecukupan Malah Membuat Susah Mendapat Kekayaan

Ringan berinfaqSahabatku, sesungguhnya Allah adalah pemilik dunia ini. Ia-lah yang menentukan segala hal yang terjadi pada semua makhluknya termasuk manusia, diriku dan dirimu.

Apa-apa yang telah dijanjikanNya pasti benar adanya. Yang belum adalah, sudahkah kita meyakini janji-janji yang Allah sampaikan kepada kita? Termasuk di dalamNya adalah janji kepada yang berinfak.

Allah menjanjikan bahwa mereka yang berinfak akan digantikan hartanya. Meskipun kita tidak tahu apakah ganti yang diberikan Allah itu dalam bentuk harta juga atau mungkin dalam bentuk lain yang terbaik bagi kita.

Namun kadang dalam diri manusia ada bisikan-bisikan yang muncul agar selalu berhati-hati dalam berinfaq. Ketahuilah bahwa itu berasal dari syetan. Memang pekerjaan mereka menghadirkan perasaan was-was itu.

“Dengan berinfaq jangan-jangan kebutuhanku tidak tercukupi? Jangan-jangan nanti aku malah kekurangan?” Sungguh sahabatku, itu semua adalah bisikan syetan.

Maka Rasulullah menganjurkan, “Janganlah kamu mengumpulkan harta dalam karung lalu kamu kikir menginfakkannya, sebab Allah akan menyempitkan harta bagimu dan berinfaqlah dengan ringan sebatas kemampuanmu.” (HR. Bukhari)

Sesungguhnya ketika kau mengumpulkan dan menghitung-hitung harta dan enggan menginfakkannya, padahal hartamu telah mencukupi kebutuhanmu, Allah malah membuatmu semakin susah mendapatkan harta.

Dan Islam juga tidak memintamu memberikan semua harta itu, hanya sebatas kemampuanmu saja sahabatku. Sesungguhnya Islam itu adil. Sesungguhnya Allah adalah pemberi balasan terbaik. Wallahu a’lam.

Sumber inspirasi: Hadits Shahih Bukhari No 1344

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s