Bolehkah Menolak Pemberian Orang Lain?

AmbillahSahabatku, pernahkah kau mengalami hal ini? Kau tidak membutuhkan bantuan apapun dari manusia. Kau merasa bahwa apa yang kau punya sudah lebih dari cukup. Tapi kemudian ada orang yang memberi sesuatu kepadamu.

Apa yang akan kau lakukan? Apakah kau akan menolaknya? Ataukah kau akan menerimanya? Bisa jadi kau merasa bahwa masih banyak orang lain yang berhak menerimanya, tapi bolehkah menolaknya?

Umar bin Khattab ternyata juga mengalami pengalaman yang sama. Suatu ketika Rasulullah saw memberi sesuatu kepadanya. Lalu Umar menyampaikan agar  Rasulullah memberikannya kepada orang yang lebih butuh.

Tapi kemudian di waktu yang berbeda Rasulullah kembali datang kepada Umar memberikan harta yang lain. Umar kembali menjawab agar Rasulullah memberikan harta itu kepada orang yang lebih membutuhkan.

Kemudian Rasulullah mengajarkan kepada Umar soal menolak pemberian seseorang. Beliau bersabda, “Ambillah! Bila datang kepadamu harta sedang kau bukanlah orang yang tamak dan suka meminta maka ambillah. Bila tidak ada harta yang diberikan kepadamu, janganlah kau menuruti nafsumu.”

Sahabatku, ambillah harta halal yang diberikan kepadamu. Bila memang kau membutuhkannya kau bisa menggunakannya,  atau bisa menyimpannya. Tapi bila kau tidak membutuhkannya kau bisa mensedekahkannya.

Ternyata Rasulullah mengajarkan agar tidak menolak sebuah pemberian yang baik. Baik kau sedang membutuhkannya atau tidak. Tapi bila kau tidak mendapatkan pemberian dari orang lain, janganlah kau memintanya.

Semoga Allah menjaga hati kita dari menuruti hawa nafsu. Wallahu a’lam.

Sumber inspirasi: Shahih Muslim, hadits no. 1731

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s