Harta Mana Yang Lebih Kau Cintai?

harta yang kau simpan

sumber gambar: flickr.com

Suatu ketika Rasulullah saw bertanya kepada para sahabat, ”Siapakah di antara kalian yang lebih menyukai harta  yang akan diwariskannya melebihi hartanya sendiri?”

Para sahabat lalu menjawab, “Tidak ada ya Rasulullah, tidak satupun di antara kami yang lebih mencintai harta yang diwariskan ke orang lain melebihi hartanya sendiri. Sudah pastilah kami lebih mencintai harta kami.”

Rasulullah kemudian melanjutkan, “Hartanya sendiri ialah apa yang telah terdahulu digunakannya. Sedangkan harta orang yang mewarisinya ialah apa-apa yang ditinggalkan olehnya – setelah matinya.”

Sahabatku, sebenarnya harta yang kau miliki ialah harta yang kau belanjakan selama ini. Dari yang kau gunakan untuk makan, minum, membeli pakaian hingga yang kau sedekahkan. Itulah hartamu yang sebenarnya.

Sementara harta yang kau simpan, yang kau tabungkan, dan belum sempat kau manfaatkan itu adalah harta yang menjadi milik orang yang mewarisinya. Dan kau tidak bisa memastikan untuk apa harta tersebut dibelanjakan.

Sahabatku, janganlah kau gemar menumpuk-numpuk harta yang tidak akan menjadi milikmu yang sebenarnya. Gunakanlah harta-harta itu untuk kebaikan, dengan infak dan sedekah. Sehingga ia akan bermanfaat bagimu hingga akhirat kelak.

Hartamu adalah titipan Allah kepadamu. Akan ditanyakan kepadamu untuk apa titipan itu kau gunakan. Dan betapa bahagianya bila kau bisa menjawab dengan jelas bahwa kau telah menggunakannya untuk kebaikan.

Dan alangkah ruginya bila harta tersebut tidak sempat kau manfaatkan untuk kebaikan. Kau hanya sempat mencari, menghitung dan menyimpannya saja. Setelah itu ia akan berpindah kepada orang yang mewarisinya.

Semoga Allah memberikan petunjuk agar kau bisa memaksimalkan harta yang dititipkanNya kepadamu. Wallahu A’lam

Sumber Inspirasi: Riyadhus Shalihin, Bab 60 Murah Hati Dan Dermawan Serta Membelanjakan Dalam Arah Kebaikan Dengan Percaya Penuh Kepada Allah Ta’ala

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s