Tanyalah Dirimu, ”Bagaimana Bila Aku di Posisi Mereka?”

Obey

sumber gambar: flickr.com

Seorang filsuf Yunani Aristoteles menyampaikan pentingnya kesediaan pemimpin untuk belajar patuh sebelum dia merasakan perintahnya dipatuhi oleh orang lain. “He who has never learned to obey cannot be a good commander.”

Dalam bahasa lain, seorang pemimpin yang baik harus bisa membayangkan dirinya berada dalam posisi sebagai orang yang diperintah, baik, tentara, anak buah atau rakyat.

Dengan menempatkan posisi sebagai yang menerima perintah itulah ia bisa membayangkan bagaimana perasaan mereka yang menerima perintah, apakah bisa langsung mematuhi, muncul pertanyaan, atau bahkan menolak.

Dan bisa jadi inilah yang gagal dimunculkan oleh sebagian besar pemimpin kita sekarang ini. Pemimpin di berbagai tingkatan gagal menghadirkan diri mereka sebagai sosok rakyat.

Para pemimpin tidak bisa merasakan beban hidup yang berat, karena mereka selalu diliputi fasilitas. Mereka tidak lagi peka terhadap masalah yang membelit rakyat yang ada di bawah perintah dan undang-undang mereka.

Tapi perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri. Seorang ayah harus bisa menghadirkan perasaan anggota keluarga ketika mengatur kondisi keluarganya. Begitu pula istri dan anak-anaknya.

Selalulah bertanya, “Apa yang akan aku lakukan bila aku yang mendapatkan perintah, aturan seperti ini dengan kondisi dan lingkungan yang ada? Apakah aku langsung taat, bertanya, atau aku menolak? “

Dengan bertanya seperti itu kau bisa memberikan keputusan dan aturan yang bijak, meski kadang tidak selalu bisa diterima oleh semua orang. Tapi bila kau tidak pernah membayangkannya, pastilah kau akan menjadi pemimpin yang aturannya selalu dipertanyakan dan ditolak.

Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s