Seorang Diri Dia Mereboisasi Muara Sungai Seluas 887 Lapangan Bola

Jadav PayengNamanya adalah Jadav Payeng. Ia seorang penduduk biasa desa Assam, India. Sejak 1978, dia memulai menghutankan kembali muara sungai yang berpasir. Saat ini, tumbuh di muara sungai tersebut lebih dari satu juta pohon.

Awal mula dia melakukan ini semua adalah karena kesedihannya melihat banyak binatang yang terseret banjir saat datang, dan kekurangan air saat musim kemarau datang.

Maka sejak saat itu ia bertekad untuk menumbuhkan kembali hutan di daerah muara sungai tersebut. Dan ia tetap mencukupi kebutuhan keluarganya, walaupun sangat sederhana.

Ia beternak sapi untuk memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Meski ia hidup dengan sangat sederhana, ia merasa puas dengan apa yang ia lakukan. Malah ia ingin menambah reboisasi hutan.

Ia ingin menanami 500 hektar muara sungai lagi agar kembali menjadi hutan. “Walaupun membutuhkan 30 tahun lagi untuk meraihnya, aku tetap yakin impianku akan terwujud,” katanya.

Sahabatku, ketekunan, komitmen dan kesabaran yang telah ditunjukkan oleh Jadav Payeng adalah sebuah pelajaran berharga bagi semua manusia. Tidak ada yang mustahil di dunia ini.

Kebaikan yang kau cita-citakan meski dinilai banyak orang mustahil tapi tidak bagi yang memiliki dan beraksi mewujudkannya. Bila Jadav bisa, maka kau juga pasti bisa mewujudkan impian dan cita-citamu.

Pertanyaannya sekarang ialah, “Apa cita-citamu sehingga kau rela mengorbankan waktu yang kau miliki dalam hidupmu?”

Wallahu a’lam

Sumber inspirasi: http://www.dnaindia.com/india/1825397/report-man-who-turned-a-sandbar-on-brahmaputra-into-forest

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s