Eastman Kodak, Inovator yang Tergilas oleh Inovasinya Sendiri

Sumber gambar: flickr.com

Sumber gambar: flickr.com

Aku yang membacanya hampir tidak bisa percaya. Bisnis yang berusia lebih dari 100 tahun itu pun akhirnya bangkrut. Namanya sudah tidak lagi ada di rumah-rumah yang dulu selalu menghiasi.

Eastman Kodak atau yang lebih dikenal dengan nama Kodak. Nama yang bagi penduduk Indonesia yang besar di tahun 90-an seperti diriku mungkin tidak terlalu populer. Di waktu itu kejayaannya mulai memudar dengan adanya Fuji.

Dan tahukah kau kawan apa yang menyebabkannya mundur dan sedikit demi sedikit mulai menghilang? Semua disebabkan oleh internal mereka sendiri. Mereka enggan mengikuti perkembangan padahal merekalah yang menemukan.

Aku teringat ungkapan Steve Jobs saat ia meluncurkan iPhone. Kekhawatiran yang berkembang ialah, “Penjualan iPhone akan mengkanibal penjualan iPod.” Dan jawaban dari Steve Jobs mengagetkan.

“Lebih baik begitu daripada produk dari produsen lain yang mengkanibal.” Gila sekaligus hebat. Dan hasilnya, meski telah ditinggal Steve Jobs, iPhone dan produk turunannya tetap berjaya berkejaran dengan Samsung.

Sementara Kodak, di tahun 1975 sebenarnya telah menemukan cikal bakal kamera digital. Penemunya sendiri menganggap ini adalah sesuatu yang bakal mengguncang para pelanggan Kodak dan juga dunia.

Tapi pimpinan Kodak tidak ingin hal ini terjadi. Ia menganggap kalau nanti kamera digital ini muncul di pasaran, bagaimana nasib produksi filmnya yang telah menguasai pasaran di dunia?

Tidak mudah memang, berubah ke sesuatu yang baru yang belum pernah dikenal dan mengorbankan kejayaan yang telah berlangsung lama. Banyak hal yang harus dikorbankan. Dan yang terjadi maka terjadilah.

Dan sebenarnya fenomena ini banyak terjadi lihat saja Nokia, Motorola, Barbie, Western Union, dan sederet contoh lain. Mereka pernah jaya tapi kini mereka merana.

Sumber inspirasi Bad Choices, Not Just Photography Going Digital, Put Eastman Kodak Into Bankruptcy – Forbes Business & Financial News, Breaking US & International News _ Reuters Focus on past glory kept kodak from digital win Kodak falls in the ‘creative destruction of the digital age’ _ Business _ The Guardian The moment it all went wrong for Kodak

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s