Yang Bisa Kau Lakukan Hanya Berdoa?

All You Can Do Is Pray“Akan jauh lebih baik kalau kami bisa pergi ke negara lain. Kami ingin pergi dari tempat ini. Hidup di desa ini seperti hidup di tempat pengungsian – orang-orang Arakan bisa bergerak ke manapun dengan bebas, tapi kami tidak bisa ke mana-mana. Bagaimana bisa kami tinggal di sini? Lebih baik kami pergi ke negara lain. Kami semua ingin pergi. Kami akan bekerja keras dan belajar. Kami ingin pelayanan kesehatan dan pendidika serta hak-hak lainnya. Kami tidak mendapatkannya di sini.” Ungkap seorang nelayan Rohingya dari Pauktaw.

“Kami tidak takut bahaya di lautan. Kami rela menghadapi bahaya asalkan kami bisa menuju ke negara lain. Bahayanya tidak mungkin lebih buruk dari kehidupan kami di sini.” Ucap salah seorang Rohingya lain.

Banyak hasil wawancara dari para korban kekerasan di Rohingya, selain itu juga ada hasil wawancara dari para warga Arakan. Semoga laporan berdarah di Myanmar ini memberimu pelajaran berharga sahabatku.

Laporan dari Human Rights Watch soal kondisi berdarah di Myanmar. Maaf masih dalam bahasa Inggris. Silahkan download dan dibaca:

Rangkuman dan Rekomendasi dari Human Rights Watch

One response to “Yang Bisa Kau Lakukan Hanya Berdoa?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s