Jangan Lupa Mengucap Insya Allah untuk Rencana-Rencanamu

Sumber gambar: flickr.com

Sumber gambar: flickr.com

Siapakah yang mengetahui kejadian di alam semesta ini sahabatku? Tentu hanya Allah saja yang Maha Mengetahui itu semua. Begitu juga dengan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Oleh sebab itu, Allah menetapkan kepada makhluknya terutama manusia ketika merencanakan sesuatu selalu menyandarkan rencana tersebut kepadaNya saja dengan mengucap “Insya Allah” artinya jika Allah berkehendak.

Hal ini jugalah yang diingatkan Allah kepada Rasulullah saw. Ketika mendapati pertanyaan dari utusan Quraisy tentang tiga hal yang disampaikan oleh para pendeta Yahudi Madinah, Rasulullah hanya menjawab “besok.”

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah”. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini.” (QS. Al Kahfi:

“Insya Allah” adalah bukti ketundukan dan kelemahan manusia di hadapan Tuhan yang Maha Mengetahui. Kau hanya bisa merencanakan dan mengusahakannya. Tapi kejadian dan hasilnya adalah hak Allah SWT.

Rasulullah pernah bercerita ketika  Sulaiman bin Daud berkata, “Malam ini aku akan mendatangi 70 istriku, sehingga tiap orang akan melahirkan seorang penunggang kuda yang berperang di jalan Allah. Maka disampaikan kepadanya untuk mengucapkan Insya Allah namun ia tidak mengucapkannya. Maka dari tujuh puluh istrinya tidak ada yang melahirkan seorang anak kecuali satu saja. Dan itu pun dalam keadaan tidak sempurna (cacat).”

Rasulllah bersabda, “Demi Yang hidupku berada dalam genggamanNya, bila saja ia berkata “Insya Allah” dia tidak akan menyalahi apa yang ia ucapkan, dan akan terwujud apa yang ia harapkan.”

Sepele, tapi itulah bukti kelemahan manusia dibanding kebesaran dan keagungan Allah SWT. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s