Pemimpin itu Pasti Dilahirkan, Tapi…..

Pemimpin itu dilahirkan, perkembang kepemimpinannya yang harus diusahakan (sumber gambar: flickr.com)

Pemimpin itu dilahirkan, perkembang kepemimpinannya yang harus diusahakan (sumber gambar: flickr.com)

Aku dulu pernah mendengar sebuah perdebatan yang tak kunjung usai. Perdebatan itu adalah tentang apakah pemimpin itu dilahirkan sebagai pemimpin atau pendidikan yang membentuknya sehingga menjadi pemimpin.

Aku tidak akan berpolemik tentang hal itu di sini. Aku cukup mengambil sebuah ungkapan dari Warren Bennis, bahwa adalah sebuah kesalahan menyatakan pemimpin itu dilahirkan.

Pemimpin itu bisa berasal dari orang-orang biasa yang mendapatkan pendidikan yang membentuk dirinya memiliki kualitas-kualitas sebagai seorang pemimpin.

The most dangerous leadership myth is that leaders are born-that there is a genetic factor to leadership. That’s nonsense; in fact, the opposite is true. Leaders are made rather than born. —Warren Bennis

Dan aku yakin kau juga sepakat sahabatku tentang apa yang disampaikan oleh beliau. Memang bahwa semua orang bisa mengembangkan kapasitas kepemimpinannya. Semua orang bisa menjadi pemimpin yang lebih baik.

Tapi dalam Islam, ada sebuah sabda Rasulullah yang tak akan menimbulkan perdebatan tentang pemimpin.

Dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: “Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin, dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin.

Seorang raja yang memimpin rakyat adalah pemimpin, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap mereka.

Seorang istri juga pemimpin bagi rumah tangga serta anak suaminya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang budak juga pemimpin atas harta tuannya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpinnya.

Ingatlah! Masing-masing kamu adalah pemimpin dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya.” (Shahih Muslim No.3408)

Bila semua orang dilahirkan menjadi pemimpin, maka sebaiknya semua orang mulai mendidik dirinya menjadi pemimpin yang lebih baik.

Wallahu a’lam

2 responses to “Pemimpin itu Pasti Dilahirkan, Tapi…..

  1. Setuju.
    Bila semua orang dilahirkan menjadi pemimpin, maka sebaiknya semua orang mulai mendidik dirinya menjadi pemimpin yang lebih baik.
    Jangan lupa kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri…..😉 mau dibawa kemana diri kita itu kembali pada diri kita juga…

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s