Mungkinkah Kau Terjebak dalam Tugas Berlebih?

Mungkinkah ini saatnya kau mengurangi kerjamu? (sumber gambar: flickr.com)

Mungkinkah ini saatnya kau mengurangi kerjamu? (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku, tahukah kau mengapa banyak organisasi gampang membuat program tapi susah menghentikannya. Padahal sumberdaya mereka terbatas, tapi tetap saja ketika kegiatan mereka terlalu banyak, mereka tak sanggup menghentikannya.

Ternyata fenomena ini telah diteliti dan hasilnya?

Sebagian besar adalah masalah psikologis. Orang ketika mendapatkan banyak pekerjaan maka mereka akan mendapatkan predikat sebagai orang sibuk. Predikat orang sibuk ini ternyata sangat dihargai oleh banyak pihak.

Meskipun ternyata dari semua kesibukan yang dijalani, banyak yang tak maksimal. Dan parahnya lagi ketika diminta untuk mengurangi kesibukannya, mereka malah tak sanggup melakukannya. Karena hal ini tentu saja melukai harga diri mereka.

Seringkali mereka berpikiri bahwa bila mereka tidak melakukan semua pekerjaan itu, lantas apa yang akan mereka kerjakan? Selain itu ada anggapan bahwa ketika mereka diminta untuk mengurangi aktivitas, ini menunjukkan bahwa mereka tidak kompeten.

Susah. Terutama bila menjangkiti pada laki-laki. Harga diri yang besar seringkali secara tidak sadar memaksa lelaki mengiyakan permintaan yang membutuhkan bantuannya. Maka semakin banyaklah amanah yang diembannya.

Padahal ketika semakin banyak amanah yang diemban, secara jelas terlihat perhatian dan waktunya akan semakin berkurang. Bagaimana dengan amanah atau pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawabnya.

Solusinya bisa jadi dengan menolak ketika diminta untuk memulai atau dibebani amanah baru. Saran lainnya adalah dengan mendelegasikan tugas atau amanah tersebut.

Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s