Ambillah Harta itu dengan Kedermawanan

Ambil dengan kedermawanan (sumber gambar: flickr.com)

Ambil dengan kedermawanan (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku, siapakah di dunia ini yang tidak membutuhkan harta? Tidak ada. Semua orang membutuhkan harta baik dalam jumlah banyak atau sedikit. Oleh sebab itu, Allah meminta agar manusia bekerja memenuhi kebutuhannya di dunia.

Namun perlu kau ingat bahwa di dalam jiwa manusia ada sifat kikir. Ia enggan memberikan harta yang telah ia peroleh kepada orang lain. Semua ingin ia sendiri yang memilikinya.

Suatu ketika, ada salah seorang sahabat Rasulullah yang bernama Hakim bin Hizam. Dan salah satu kebiasaan Hakim ini adalah dia terbiasa meminta kepada Rasulullah. Ia tahu bahwa Rasulullah sangat dermawan soal harta.

Suatu waktu Hakim datang dan meminta kepada Rasulullah, maka beliau pun memberi. Beberapa waktu kemudian Hakim datang lagi dan meminta kepada Rasulullah, beliau pun memberinya.

Setelah itu Hakim datang lagi dan meminta kepada Rasulullah, beliau pun memberinya lagi. Tapi kali ini Rasulullah berpesan, “Hai Hakim, sesungguhnya harta ini hijau (indah dan menarik) dan manis. Barangsiapa yang mengambilnya dengan jiwa dermawan, maka ia diberkahi. Barangsiapa yang mengambilnya dengan jiwa yang rakus, maka ia tidak diberkahi. Ia seperti orang makan tetapi tidak pernah kenyang. Tangan yang di atas (pemberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (peminta).” (HR. Bukhari)

Sahabatku, benarlah apa yang disampaikan Rasulullah bahwa harta itu hijau dan manis. Yang memandangnya pasti akan terkesima, yang melihatnya akan membayangkan apa saja yang mungkin bisa ia lakukan dengan hal itu.

Janganlah kau makan namun tak kenal rasa kenyang. Ambillah barokah yang telah dijanjikan oleh Rasulullah. Ambillah harta itu dengan jiwa yang dermawan. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s