Berhati-hatilah Saat Membicarakan Hal Yang Tak Kau Ketahui

Berhati-hatilah bila kau mendiskusikan hal-hal yang tak kau ketahui sahabat (sumber gambar: flickr.com)

Berhati-hatilah bila kau mendiskusikan hal-hal yang tak kau ketahui sahabat (sumber gambar: flickr.com)

Perdebatan tentang hal yang ghaib di mana-mana selalu menjadi pembicaraan yang panas dan menarik. Entah salah atau benar pendapat-pendapat tersebut, jarang yang memberikan perhatian.

Dalam kisah para pemuda yang berlindung dalam gua, muncul juga perdebatan tentang berapa jumlah pemuda tersebut. Ada yang mengatakan 3 orang dan yang keempat adalah anjingnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa jumlah pemudanya 5 dan yang keenam adalah anjingnya. Pun ada juga yang menyatakan bahwa pemuda tersebut adalah 7 orang dan kedelapannya adalah si anjing.

Allah meminta kepada Nabi, “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit”(QS. 18: 22). Itulah sahabatku panduan Islam ketika membicarakan hal-hal yang tak kita ketahui.

Semuanya harus dikembalikan kepada Allah saja. Karena memang hanya Allah saja yang tahu. Dan dengan demikian kita juga akan terhindar dari perdebatan yang tidak berujung karena tidak seorang pun yang tahu sebenarnya.

Terlebih lagi ketika kau membicarakan masalah ruh, jin dan segala yang berhubungan dengan hal-hal tersebut. Yang paling banyak tahu tentang semua hal itu hanyalah Allah saja.

Bahkan para Rasulnya hanya sedikit yang diberitahu tentang hal-hal yang ghaib ini. Maka ketika kau mengetahui ada seseorang yang mengetahui banyak tentang hal yang ghaib berhati-hatilah sahabatku.

Rasul yang dekat dengan Allah saja tidak tahu banyak soal ruh, jin dan berita ghaib lainnya bagaimana mungkin seseorang yang jauh dari kenabian mengetahui banyak hal soal ruh?

Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (QS. 17: 85)

Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s