Tiga Anjuran Rasul Saat Kekurangan

saat kekurangan dalam mencukupi kebutuhan ingat tiga anjuran Nabi (sumber gambar: flickr.com)

saat kekurangan dalam mencukupi kebutuhan ingat tiga anjuran Nabi (sumber gambar: flickr.com)

Suatu ketika, beberapa orang Anshar datang kepada Nabi Muhammad saw. Mereka meminta kepada Rasulullah, dan Rasulullah pun memberi mereka. Kemudian mereka datang meminta lagi kepada beliau, dan beliau pun tetap memberi mereka.

Sehingga habislah apa yang beliau miliki karena diberikan kepada beberapa orang Anshar tersebut. Setelah itu beliau berkata kepada para sahabat Anshar tersebut, “Di tempatku tidak ada harta, aku tidak menyimpannya darimu.”

Beliau kemudian melanjutkan, “Barangsiapa yang menjaga diri, maka Allah menjaganya. Barang siapa yang memohon kecukupan kepada Allah, maka Allah akan mencukupkannya. Barangsiapa yang menyabarkan diri, maka Allah akan memberinya kesabaran. Tidaklah seseorang dikaruniai pemberian yang lebih luas daripada kesabaran.”

Sahabatku, berbicara tentang kesabaran itu seperti berbicara tentang keikhlasan, mudah dibicarakan namun susah diamalkan. Dan benarlah apa yang disampaikan Rasulullah, bahwa kesabaran itu adalah karunia Allah yang luas.

Dan sudah menjadi watak manusia untuk merasa kurang dan terus butuh. Itulah sisi faqir (yang membutuhkan) yang memang diadakan oleh Allah dalam diri manusia.

Namun Rasulullah mengajarkan tiga hal terkait dengan anugerah Allah berupa harta. Yang pertama adalah dengan menjaga dirinya dari meminta-minta. Karena dengan begitu Allah yang akan menjaganya.

Yang kedua adalah memohon kecukupan kepadaNya. Memiliki kekayaan bisa jadi belum cukup. Tapi dengan adanya kecukupan dari Allah, maka yang sedikit pun tak menjadi kendala karena sudah cukup.

Dan ketiga adalah dengan menyabarkan diri. Ketika kebutuhan belum bisa kau penuhi dan kau tetap menjaga dirimu dari meminta, lalu kau memohon kecukupan dari Allah, lengkapilah dengan sabar atas kekuranganmu. Wallahu a’lam.

Inspirasi : Ringkasan Shahih Bukhari Bab 52, Menahan diri dari Meminta-minta

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s