Kepemimpinan Menurut Peter Drucker

Leadership is lifting a person’s vision to high sights, the raising of a person’s performance to a higher standard, the building of a personality beyond its normal limitations. – Peter Drucker. (sumber gambar: flickr.com)

Leadership is lifting a person’s vision to high sights, the raising of a person’s performance to a higher standard, the building of a personality beyond its normal limitations. – Peter Drucker. (sumber gambar: flickr.com)

Kepemimpinan itu mengangkat cita-cita seseorang ke arah yang lebih tinggi, mengangkat kinerja seseorang ke standar yang lebih tinggi, membangun kepribadiannya melebihi batasan normalnya.

Karena seseorang tidak butuh orang lain untuk menurunkan atau menjadikan cita-citanya setingkat dengan yang ia miliki. Ia bisa melakukannya sendiri. Tapi untuk memberikan cita-cita yang lebih tinggi, di saat itulah muncul pemimpin. Ia meninggikan harapannya.

Dan ketika seseorang itu memiliki cita-cita yang lebih tinggi, untuk mewujudkannya ia butuh melakukan kerja-kerja yang kualitasnya melebihi standar pada umumnya.

Ia butuh cara dan panduan agar kerja yang ia lakukan sesuai dengan ketinggian harapan yang telah ia canangkan. Seorang pemimpin tahu tentang hal ini. Pemimpinlah yang menetapkan standar yang lebih tinggi itu.

Dan cita-cita yang tinggi itu kadang memaksa seseorang untuk merubah kepribadian atau karakter yang selama ini ia miliki. Ia harus memiliki karakter-karakter yang sesuai dengan cita-cita tinggi yang ia miliki.

Perubahan karakter ini tidak mudah. Karena karakter atau kepribadian ini telah terbentuk bertahun-tahun. Ia butuh model yang bisa menunjukkan karakter yang ia butuhkan.

Itulah saat pemimpin dibutuhkan. Ia mampu menjadi model karakter yang ingin dicapai oleh orang lain yang mengikutinya.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”  (QS. Al Ahzab: 21)

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s