Menjadi Orang Produktif itu Membosankan

Masih mau jadi orang produktif? Jadi orang yang membosankan dulu (sumber gambar: flickrl.com)

Masih mau jadi orang produktif? Jadi orang yang membosankan dulu (sumber gambar: flickr.com)

Suatu ketika Robert C. Pozen, seorang ahli keuangan berkesempatan mewawancari Barrack Obama, Presiden Amerika Serikat. Ia bertanya, “Bila sekarang kau diminta untuk menyiapkan orang lain sebagai presiden, apa aktivitas yang kausarankan?

Awalnya Obama menjawab bahwa olahraga adalah hal yang harus rutin dijalankan bagi seorang presiden. Dan Pozen ternyata juga memikirkan hal yang sama. Tapi jawaban Obama berikutnya membuat Pozen terkejut.

“Aku sarankan memakai pakaian yang sama, dan memakan makanan yang sama setiap hari. Karena bagi seorang presiden, ia harus membuat keputusan yang penting setiap hari. Maka urusan makan dan hal remeh temeh jangan sampai membuatmu lelah berpikir.” Kurang lebih begitu jawaban Obama.

Sahabatku, seringkali kita menjadi kurang produktif karena kita tiap hari harus memikirkan hal-hal kecil. Sehingga energi kita untuk melakukan dan memikirkan hal-hal yang besar dan bermakna menjadi berkurang.

Hal ini bukan berarti bahwa kau tidak boleh mengatur makan dan gaya pakaianmu. Tapi benar-benarlah pilah apa yang harus butuh pemikiran dan harus diputuskan dengan cermat dan mana yang tidak.

Semakin banyak energimu terkuras untuk hal-hal yang bisa kau buat rutin semakin banyak keputusan besar yang tak mendapat jatah. Dengan kata lain, terkadang untuk menjadi orang yang produktif identik menjadi orang yang membosankan. Makan makanan yang sama, memakai baju yang sama, dan melakukan rutinitas yang sama tiap hari.

Bisa jadi aktivias bagi satu orang adalah sesuatu yang penting, tapi bagi orang lain tidak terlalu penting dan bisa dijadikan auto pilot atau menjadi rutinitas. Tentukan aktivitas apa itu dan jadikan sebagai rutinitasmu.

Semoga bermanfaat.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s