Bolehkah Membeli Yang Sudah Kita Sedekahkan?

Jangan tergoda untuk mendapatkan kembali sedekah yang telah kau berikan

Jangan tergoda untuk mendapatkan kembali sedekah yang telah kau berikan

Sahabatku, pernahkah kau merasa bahwa orang yang kau berikan sedekah atau hadiah tidak merawat yang kau sedekahkan? Bisa jadi ia tidak merawatnya dengan baik sehingga kau merasa rugi?

Maka muncul perasaan untuk mendapatkan kembali yang kita sedekahkan tersebut. Atau mungkin sebaliknya, karena biaya perawatan barang yang kita sedekahkan mahal, maka pihak yang kita serahi sedekah ingin menjualnya.

Bolehkah kita mendapatkan kembali yang telah kita sedekahkan tersebut?

Ternyata Umar bin Khattab juga punya cerita yang sama. Beliau pernah memberikan seekor kuda kepada seseorang agar digunakan untuk jihad fi sabilillah.

Suatu ketika ia menjumpai kuda tersebut dijual oleh orang yang dulu menerima darinya. Ternyata kuda tersebut tidak enak ditunggangi, dan biaya perawatan dan pemeliharaannya telah menghabiskan hartanya. Oleh sebab itulah sang pemilik baru ingin menjualnya.

Umar berhasrat untuk memiliki kuda tersebut. Tapi sebelumnya ia ingin bertanya dulu kepada Rasulullah apakah hal seperti tersebut diperbolehkan.

Rasulullah menjawab, “Janganlah kamu membelinya, dan jangan pula kamu menarik kembali sedekahmu, meskipun ia memberikannya kepadamu dengan satu dirham. Karena, sesungguhnya orang yang menarik kembali sedekahnya (dalam satu riwayat: hibahnya) adalah seperti orang yang menjilat kembali (dan dalam satu riwayat: seperti anjing yang menjilat kembali) muntahnya.'” (HR. Bukhari)

Maka jangan kau tengok lagi sedekahmu sahabat. Biarkan ia memberikan manfaat dengan jalan sebaik-baiknya. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s