Setelah Mereka Terbangun dari Tidur….

Karena koin yang digunakan tidak dikenali, mereka menduga bahwa orang ini pastilah menemukan harta karun (sumber gambar: flickr.com)

Karena koin yang digunakan tidak dikenali, mereka menduga bahwa orang ini pastilah menemukan harta karun (sumber gambar: flickr.com)

Setelah para pemuda itu tertidur selama 309 tahun. Mereka kemudian dibangunkan oleh Allah dalam kondisi yang tidak berubah. Sehingga mereka tidak bisa menentukan seberapa lamakah sebenarnya mereka berada dalam gua.

Mereka merasakan hanya berada dalam gua tersebut sehari saja. Tapi mereka juga merasa heran. Dan hanya Allah sajalah yang tahu berapa lama mereka berada di sana.

Mereka memutuskan agar salah seorang keluar untuk membeli kebutuhan makan dan minum. Namun agar tidak menarik perhatian para orang kafir, yang keluar haruslah dengan menyamar.

Ketika salah seorang di antara mereka keluar dan menuju sebuah kota yang berada di dekatnya, ia merasa bingung. Ia tidak lagi mengenali kota tersebut. Bangunan-bangunannya juga seakan-akan telah berganti.

Ditambah lagi ketika ia mengeluarkan uang koin untuk membeli makanan. Ternyata para pedagang tidak mengenali uang tersebut. Maka mereka saling bertanya pada pedagang lain. Akhirnya para pedagang itu mengira pastilah orang tersebut menemukan harta karun.

Akhirnya ia dibawa ke hadapan gubernur kota tersebut. Maka pemuda tersebut becerita tentang kejadian pelariannya bersama pemuda lainnya yang kemudian diselamatkan Allah dengan masuk dan tertidur dalam gua.

Maka pemimpin kota tersebut bersama penduduknya berbondong-bondong ingin memasuki gua tersebut untuk bertemu dengan para pemuda beriman itu. Mereka berbincang-bincang dan hingga akhirnya para pemuda itu berpamitan untuk kembali tidur dan akhirnya nyawa mereka diambil oleh Allah.

Ketika mereka meninggal, ternyata ada sebagian orang yang kemudian membangun monumen dan menjadikannya sebagai tempat persembahan. Mereka menyembah orang-orang beriman yang telah meninggal tersebut.

Sungguh mereka sebenarnya telah menyaksikan kebenaran bahwa bagi Allah membangkitkan yang mati itu adalah mudah. Tapi tetap saja mereka tak beriman. Malah hal itu menjadikan mereka semakin tersesat. Na’udzubillah min dzalik.

Sumber inspirasi: Tafsir Ibnu Katsir Surat Al Kahfi: 20-21

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s