Bolehkah Bersedekah Hingga Menghabiskan Harta Kita?

jangan sampai kau bersedekah namun menyebabkan dirimu yang kekurangan di akhirnya (sumber gambar: flickr.com)

jangan sampai kau bersedekah namun menyebabkan dirimu yang kekurangan di akhirnya (sumber gambar: flickr.com)

Rasulullah juga ditanya tentang hal yang sama. Suatu saat salah seorang sahabat Nabi yang bernama Ka’ab ra. datang kepada beliau. Ia berkata, “Wahai Rasululllah, di antara tanda taubatku adalah menghabiskan seluruh hartaku untuk disedekahkan untuk kepentingan agama Allah dan Rasul-Nya.

Namun hal yang berbeda disampaikan oleh Nabi. Beliau berkata, “Tahanlah dulu sebagian dari hartamu, sebab yang demikian itu adalah lebih baik bagimu.” Rasulullah memahami semangat Ka’ab untuk bersedekah, tapi menggunakan semua harta untuk disedekahkan harus berhati-hati.

Dan Ka’ab juga paham soal hal ini, sehingga ia menjawab usul Rasulullah tersebut, “Saya masih memegang bagianku berupa harta di Khaibar.

Sahabat, memang ada kasus-kasus khusus yang menunjukkan betapa besar keimanan para sahabat Rasulullah. Seperti kisah Abu Bakar yang mensedekahkan semua hartanya kepada Allah dan RasulNya.

Dan ketika ditanya, apa yang disisakan bagi keluarganya, Abu Bakar menjawab, “Cukup Allah dan RasulNya.” Rasulullah tidak memberikan tambahan usulan sebagaimana yang beliau lakukan dengan sahabat Ka’ab.

Memang Abu Bakar ini adalah contoh sedekah yang khusus yang mungkin tidak bisa dicontoh oleh manusia pada umumnya. Dan memang setelah itu, ternyata penilaian Rasulullah benar, bahwa meski mensedekahkan semua hartanya, Abu Bakar dan keluarganya tidak kekurangan hingga meminta-minta.

Maka panduan umumnya adalah bersedekahlah setelah kebutuhan diri dan keluargamu terpenuhi. Jangan bersedekah yang akhirnya malah membuat diri dan keluargamu menjadi kekurangan dan meminta-minta. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s