Asal Kikir dan Cara Menghilangkannya

BIla kau sadar dan yakin bahwa hartamu adalah milik Allah, kau tidak akan merasa kikir

BIla kau sadar dan yakin bahwa hartamu adalah milik Allah, kau tidak akan merasa kikir

Dari manakah sebenarnya asal kikir yang ada pada diri manusia itu sahabat? Sebenarnya semua itu memang sudah ada pada diri manusia. Pada umumnya manusia itu memiliki sifat kikir untuk menginfakkan hartanya.

Allah sendiri sudah mengatakan dalam firman-Nya: Katakanlah: “Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya.” Dan adalah manusia itu sangat kikir. (QS. Al Israa’: 100)

Selain itu ada juga ayat lain yang menyampaikan hal yang serupa, Ataukah ada bagi mereka bahagian dari kerajaan (kekuasaan) ? Kendatipun ada, mereka tidak akan memberikan sedikitpun (kebajikan) kepada manusia (QS. An Nisaa’: 53)

Maka, Allah sendiri yang memang mendesain manusia itu menjadi kikir atau pelit. Hanya mereka yang mendapatkan petunjuk dari Allah sajalah yang bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan sifat kikir itu.

Tapi bisakah kita menghilangkan sifat kikir itu? Bisa yakni dengan banyak-banyak merenungkan tentang hidup ini. Karena yang banyak membuat manusia sering bertambah kikirnya adalah ketidaksadaran.

Banyak manusia tidak sadar bahwa hidup ini hanya sementara, hanya permainan belaka dan akhirat adalah tempat yang kekal. Banyak juga manusia yang tidak sadar bahwa apa yang dimiliki dan didapatkan oleh manusia sebenarnya sudah ditetapkan oleh Allah.

Sehingga seringkali ketika manusia mendapat kenikmatan mereka mengira bahwa ini adalah hasil kerja mereka semata. Dan ini membuat mereka berat untuk berinfaq dan bersedekah.

Dan ketika kesadaran ini telah menjadi sebuah keyakinan, pastilah sifat kikir itu sedikit demi sedikit hilang dalam diri manusia. Bagaimana dengan dirimu sahabat? Apakah menurutmu ada cara yang berhasil mengurangi kikirmu? Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s