Menunaikan Zakat itu Bukan Pertanda Dermawan

Tidak zakat berarti bakhil, Zakat berarti tidak bakhil (sumber gambar: flickr.com)

Tidak zakat berarti bakhil, Zakat berarti tidak bakhil (sumber gambar: flickr.com)

Suatu ketika, Rasulullah memberikan pelajaran agar para sahabat mengeluarkan zakat atas harta yang mereka miliki.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang diberi harta oleh Allah, namun tidak mengeluarkan zakatnya, maka harta itu akan dijadikan seperti ular jantan botak (karena banyak racunnya dan sudah lama usianya). Ular itu mempunyai dua taring yang mengalungi lehernya pada hari kiamat. Kemudian ular itu menyengatnya dengan kedua taringnya. Ia mencengkeram kedua rahangnya dengan berkata, ‘Saya adalah hartamu, saya adalah simpananmu.’” (HR. Bukhari)

Kemudian mengikuti penjelasan ini, beliau membaca sebuah ayat yang artinya adalah “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ali ‘Imron: 180)

Sahabatku seringkali kau mengira bahwa orang yang mengeluarkan zakat itu adalah orang yang dermawan. Itu adalah sesuatu yang salah. Menunaikan zakat bukanlah sebuah pertanda kedermawanan melainkan sebaliknya.

Menunaikan zakat adalah batas apakah ia layak disebut orang yang bakhil atau tidak. Bila ia tidak berzakat atas harta yang telah diberikan Allah kepadanya maka ia adalah orang yang kikir.

Bila ia berzakat maka ia terbebas dari predikat atau mendapatkan karakter sebagai orang yang kikir. Dan orang yang dermawan adalah orang yang senantiasa berinfaq, di luar kewajibannya untuk menunaikan zakat.

Kini kau sudah tahu sahabat, apakah kau bakhil atau tidak? Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s