Banyak Teman Tapi Mengorbankan Kebaikan di Masa Depan, Mau?

Sumber gambar: flickr.com

Sumber gambar: flickr.com

Dalam sebuah penelitian tentang pergaulan remaja dan masa depan mereka oleh Joseph Allen, seorang profesor psikologi University of Virginia. Ia meneliti pergaulan 184 remaja di usia 13 tahun kemudian melihat kembali saat mereka berusia 20 – 23 tahun.

Hasilnya, ada sebuah hubungan yang menarik antar pergaulan remaja dengan kondisi hubungan persahabatan mereka saat dewasa.

Secara umum bisa disimpulkan, ketika seorang remaja bisa menghindari kenakalan saat remaja seperti merokok, minum miras, dan bentuk kenakalan lainnya, saat dewasa mereka kemungkinan besar tidak terlibat masalah kriminal, kecanduan alkohol atau narkoba.

Namun hal itu juga butuh pengorbanan. Ketika mereka tidak ikut dalam gerombolan kenakalan remaja, maka ketika dewasa mereka hanya memiliki jumlah teman yang sedikit dan ikatan persahabatannya tidak terlalu kuat.

Menurutku itu dikarenakan jumlah remaja nakal atau pencetus kenakalannya jauh lebih besar dari jumlah remaja baik. Dan karena teman bagi remaja adalah segalanya, berarti tergantung siapa yang menjadi temannya.

Bila sebagian besar remaja adalah remaja yang baik, aku yakin hasil penelitian tersebut bisa terbantahkan. Caranya? Ya dengan mendidik anak-anak sejak dini dengan memberikan contoh yang baik.

Akhirnya sekali lagi, pendidikan orang tua kepada anak memang tidak bisa dipisahkan. Orang tua yang menjadikan anaknya itu baik atau tidak. Semakin banyak orang tua yang baik yang memahami peran dan menjalankannya dengan baik, pasti lebih banyak lagi remaja yang baik.

Dan dengan begitu lebih banyak generasi mendatang yang bisa diandalkan untuk memperbaiki kondisi masyarakat. Wallahu a’lam.

Sumber inspirasi: healthland.time.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s