Bahaya Bakhil Ternyata Lebih Besar Dari Yang Bisa Kau Bayangkan

Kekikiran itu berbahaya sahabatku (sumber gambar: flickr.com)

Kekikiran itu berbahaya sahabatku (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku, menjadi orang yang bakhil atau pelit memang tidak menjadikan hartamu berkurang. Bahkan bisa jadi sering kita lihat bahwa orang yang bakhil ternyata memiliki harta yang berlimpah. Jadi apakah bakhil tidak berbahaya?

Tidak juga. Karena bahaya bakhil selain di akhirat akan mendapatkan balasan yang buruk di neraka. Ternyata ada juga bahaya bakhil ketika di dunia, tapi bukan masalah uang atau harta, malah lebih besar dari itu semua.

Dalam beberapa hadits, bakhil atau kikir ini disebut dengan asy-syuhhu. Bahayanya sungguh lebih besar dari yang bisa kau bayangkan.

Rasulullah saw bersabda, ‘Hindarilah kezhaliman, karena kezhaliman itu mendatangankan kegelapan pada hari kiamat kelak! Jauhilah kekikiran, karena kekikiran itu telah (menghancurkan) orang-orang sebelum kalian yang menyebabkan mereka menumpahkan darah dan menghalalkan yang diharamkan. (HR. Muslim, Hadits No. 4675)

Rasulullah dalam hadits lain menerangkan, “Zaman semakin dekat, amalan kian berkurang, kekikiran semakin banyak dan al Harj semakin merajalela.” Mereka bertanya, “Apakah al Harj itu?” Beliau menjawab, “pembunuhan, pembunuhan.” (HR. Bukhari, Hadits No 5577)

Ketika orang kikir atau bakhil, maka ia sebenarnya meletakkan kakinya ke arah kehancuran. Karena ketika ia kikir, enggan membantu orang yang kesusahan ia membuat orang lain akhirnya merasa tidak punya pilihan lain selain melakukan maksiat untuk memenuhi kebutuhannya.

Maka tidak heran kikir atau bakhil ini sangat berbahaya. Jauhilah ini sahabatku, mari menghindarkan diri dari menumpahkan darah dan menghalalkan yang haram dengan menjauhi sifat kikir.

Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s