Selamat Mengembangkan Diri

Meskipun hanya sekedar tukang kayu, tukang kayu yang expert jelas berbeda dengan yang biasa-biasa saja. (sumber gambar: Flickr.com)

Meskipun hanya sekedar tukang kayu, tukang kayu yang expert jelas berbeda dengan yang biasa-biasa saja. (sumber gambar: Flickr.com)

Semoga saja kau setuju denganku dengan kalimat ini. “The reward of our work is not what we get, but what we become.” Atau kurang lebih dalam bahasa Indonesia berarti “balasan dari kerja kita bukanlah dari apa yang kita dapat tapi telah jadi apa kita.”

Sebuah ungkapan yang kudapatkan dari Paulo Coelho. Ungkapan ini membuatku terhenyak. Karena bila selama ini aku bekerja hanya semata-mata untuk mencari uang, berarti ada sesuatu yang kurang dalam aku bekerja.

Mencari uang atau nafkah itu memang wajib. Tapi jangan menjadikan itu sebagai satu-satunya tujuan. Ada lagi sebuah tujuan yang lebih berarti yakni mengembangkan dan menguatkan kapasitas dirimu.

Bila kau telah menghabiskan bertahun-tahun dalam sebuah pekerjaan namun tidak ada kemampuan yang bertambah sebenarnya kau mengalami sebuah kerugian. Karena terlalu murah bagi seorang manusia menukarkan usianya dengan nilai uang yang tidak seberapa.

Kini, ketika kau ingin berganti pekerjaan atau mencari pengalaman kerja baru, jadikan pengembangan diri sebagai salah satu pertimbangan untuk menerima pekerjaan. Setelah itu barulah penghasilan dan pertimbangan lain.

Saat kemampuan dan pengalamanmu berkembang, kau memiliki daya saing dengan mereka yang datang setelahmu yang bisa jadi lebih muda, lebih bersemangat dan lebih pandai. Oleh karenanya bila kau tak mengembangkan diri, kau tak akan bertahan lama.

Mulailah dari sekarang untuk mendapat pengalaman dan kemampuan baru di tempatmu bekerja. Meskipun kecil dan remeh, tapi kemampuan itu akan berakumulasi dalam diri dan membuatmu menjadi seorang yang lebih ahli di bidang yang kau kuasai.

Selamat mengasah kemampuan baru dan menjadi seorang ahli. Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s