Apakah Benar Kau Tak Wajib Zakat?

Ada yang berfikir untuk membagi harta agar tidak kena zakat. Bukan kamu khan? (sumber gambar: flickr.com)

Ada yang berfikir untuk membagi harta agar tidak kena zakat. Bukan kamu khan? (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku, zakat itu ringan bagi yang dimudahkan oleh Allah. Tapi berat bagi yang lebih mencintai dunia. Allah tidak mensyariatkan semua harta untuk diberikan, tapi cukup hanya 2.5% atau 1/40-nya saja.

Tapi memang terkadang dalam diri manusia itu ada sifat yang enggan memberikan harta saat ia wajib mengeluarkannya (berlebihan). “Dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir. (QS. Al Ma’aarij: 21)

Dan salah satu cara agar terhindar dari kewajiban zakat atau menguranginya  ialah dengan melakukan penggabungan terhadap harta yang sebenarnya terpisah. Atau memisahkan apa yang sebelumnya tergabung.

Ketika seseorag sebut saja A memiliki ternak kambing sebanyak 50 ekor dan B memiliki ternak kambing sebanyak 50 ekor. Maka dari masing-masing seharusnya mengeluarkan 1 ekor kambing.

Namun ada yang mencoba mengurangi kewajibannya dengan menggabungkan ternaknya sehingga ternak A dan B menjadi 100 ekor yang zakatnya 1 ekor kambing.

Sebaliknya, begitu juga dengan pemisahan. Bila ada orang yang memiliki emas sebanyak 100 gram, di mana nishab emas adalah 85 gram. Namun ia malah mengakali dengan membagi emasnya menjadi 2 yang ia titipkan kepada orang lain.

Jadilah akhirnya dua orang ini misal C dan D masing-masing 50 gram yang tidak masuk dalam ketentuan zakat. Sehingga tidak wajib mengelurkan zakat. Rasulullah memberikan teguran untuk kasus-kasus ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kamu menggabungkan ternak yang terpisah dan jangan pula memisahkan yang sudah berkumpul, karena ingin menghindari (meminimalisir) pengeluaran shadaqah (zakat).”

Wallahu a’lam

Sumber Inspirasi: Kitab Zakat, Shahih Bukhari Hadits No 1358.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s