Kepuasan Itu Tidak Bisa Digantikan Oleh Harta

Puas saat memberikan manfaat kepada sesama

Puas saat memberikan manfaat kepada sesama

“Eyang”, itulah sebutan bagi beliau. Beliau memang sudah tidak muda lagi. Tubuh yang telah renta menggambarkan itu semua. Tapi ada sesuatu yang berbeda dari beliau. Aku mendengarkan kisah-kisah awal beliau mendirikan Agripina.

Sebuah TK yang telah berdiri 13 tahun yang lalu. Tepatnya pada 13 Maret 2000, berdirilah sebuah TK di Jl. Pandugo 202. Agripina namanya. Sebuah nama yang tidak lazim bagi orang Surabaya.

Eyang sendiri sambil bergurau menyampaikan, “Meski bukan orang terkenal semoga dengan adanya TK ini, semua anak-anak yang belajar akan menjadi terkenal. Terkenal karena prestasi terutama. “

Agripina memang bermakna lahir untuk menjadi terkenal. Eyang sendiri sudah lupa-lupa ingat apakah itu dari bahasa Yunani ataukah Latin. Tapi itulah yang beliau inginkan dari sekolah ini.

Sebagai seorang istri pensiunan perwira tinggi polisi, sebenarnya beliau bisa hidup dengan tenang dengan bekal tabungan yang ada. Tapi anehnya, ia malah menggunakan harta pribadinya untuk mendirikan TK.

Tidak jarang teman sejawat suaminya terkadang merasa heran. “Kenapa kau malah menghabiskan uangmu untuk hal seperti ini?” Pertanyaan yang sering diutarakan ke Eyang saat awal TK Agripina berdiri.

“Saya merasa puas. Saya terkadang masih sering menangis bila para siswa TK berpamitan untuk ikut lomba” Ungkap Eyang. Terlihat mata beliau berkaca, mengingat momen-momen mengharukan saat para siswa berpamitan.

“Perasaan puas saat melihat para cucu berprestasi dan haru saat mereka berpamitan itulah yang membuat saya rela menggunakan harta pribadi. Hal-hal seperti ini tidak bisa dibeli dengan uang.”

Aku hanya bisa menganggukkan kepala. Sebuah kesediaan memberikan manfaat bagi orang lain memang selalu memberikan kisah yang menyemangati. Semoga kau juga bersemangat memberikan manfaat kepada sesama.

Hasil obrolan santai dengan Ibu Hj. Tuti Rahayu, Ketua Yayasan Pendidikan Sidi Palupi yang membawahi TK Agripina. Semoga bisa terus memberikan manfaat.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s