Derajat yang Tak Sanggup Kami Tandingi

Tingkat yang tak bisa kami daki (sumber gambar: flickr.com)

Tingkat yang tak bisa kami daki (sumber gambar: flickr.com)

Kisah ini adalah sebuah kisah yang sangat terkenal. Tapi ia juga sebuah pengingat akan tingginya derajat orang kaya yang dermawan.

Suatu ketika para sahabat muhajirin yang fakir mengadu kepada Rasulullah. Mereka sangat iri. Mereka sangat ingin menjadi sepert sebagaimana para sahabat yang kaya dermawan yang kembali ke hadapan Allah dengan derajat yang tinggi.

Rasulullah bertanya, “Kenapa kalian menyimpulkan bahwa muslim kaya yang dermawan itu memiliki derajat yang tinggi?” Mereka menyampaikan bahwa para muslim kaya yang dermawan itu bisa melakukan amal-amal yang tidak bisa mereka lakukan.

“Bila hanya sholat, puasa, dzikir, baca Al-Qur’an, kami juga bisa melakukannya Ya Rasulullah. Tapi saat harus berhaji, sedekah, membebaskan budak semua itu dilakukan dengan harta mereka. Sementara kami, tak bisa kami melakukan itu semua”. Jawab mereka.

Maka Rasulullah membesarkan hati mereka, beliau memberikan wasiat untuk menyamai amalan muslim kaya yang dermawan itu dengan mengucap, tasbih, takbir dan tahmid 33 kali setiap selesai sholat wajib.

Para sahabat yang fakir itupun pulang dengan hati gembira.

Namun tak berapa lama mereka kembali mengadu. “Para muslim kaya yang dermawan itu telah ikut mengamalkan ajaran dzikirmu Ya Rasulullah, dan kami sekali lagi derajat kebaikan kami tak bisa menyamai mereka”.

Rasulullah bersabda, “Yang demikian itu adalah keutamaan yang diberikan Allah kepada siapa saja yang Ia kehendaki.”

Maka mereka di akhir tetap harus mengakui keunggulan derajat kebaikan para muslim kaya yang dermawan. Maka, siapkah kau mendapat derajat kebaikan tersebut sahabatku? Wallahu a’lam

Sumber inspirasi: Hadits 571, Bab 64, Keutamaan orang kaya yang bersyukur, Riyadhus Shaalihiin.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s