Apakah Kau di Dua Golongan Yang Terbaik?

Mencari ilmu, usaha menjadi golongan manusia terbaik (sumber gambar: flickr.com)

Mencari ilmu, usaha menjadi golongan manusia terbaik (sumber gambar: flickr.com)

Rasulullah membagi manusia berdasarkan harta dan ilmu menjadi empat golongan. Yang pertama ialah yang diberikan Allah berupa harta dan ilmu. Sehingga dengan ilmunya, ia memanfaatkan harta untuk kebaikan. Dan inilah golongan yang terbaik.

Yang kedua ialah yang tidak memiliki harta namun dianugerahi oleh Allah berupa ilmu. Maka dengan ilmu yang dimilikinya ia berharap bahwa bila ia dianugerahi harta maka ia akan memanfaatkannya untuk kebaikan. Pahala golongan ini seperti golongan yang pertama.

Ketiga, yang memiliki harta namun tidak memiliki ilmu. Maka hartanya yang banyak malah melenakannya. Ia menggunakan harta yang ada untuk berfoya-foya dan melakukan maksiat. Maka ia adalah orang yang paling buruk.

Dan terakhir ialah mereka yang tidak dikaruniai harta dan ilmu. Maka yang ia harapkan adalah bila ia memiliki harta yang banyak, maka ia akan mencontoh orang yang ketiga. Maka ia juga menjadi orang yang sama sebagaimana golongan ketiga.

Di manakah dirimu sahabat? Dua golongan pertama ataukah dua golongan terakhir (na’udzubillah min dzalik). Semoga Allah memberikan kita kekuatan dan semangat agar kita terus belajar sehingga diberikan anugerah berupa ilmu.

Sehingga meski harta tak seberapa, namun tetap bisa mendapatkan balasan atau pahala sebagaimana orang-orang yang terbaik dalam membelanjakan hartanya.

Wallahu a’lam

Sumber inspirasi: Riyadhus Shaalihiin, hadits 555 bab 60, Murah hati dan dermawan

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s