Bahaya Menggunakan Kata “Pernah”

Jangan terlena dengan "pernah" menjadi nomor satu. -Samsung vs iPhone (sumber gambar: flickr.com)

Jangan terlena dengan “pernah” menjadi nomor satu. -Samsung vs iPhone (sumber gambar: flickr.com)

Tak boleh dan tak bisa berhenti. Itulah yang terjadi di dunia. Semua harus tetap bergerak, dan geraknya adalah maju. Jangankan mundur, untuk berhenti saja akan menyebabkan kita tertinggal oleh yang lain.

Itulah mungkin pelajaran yang bisa kau ambil dalam persaingan bisnis antara Apple dan Samsung. Kedua produsen HP pintar ini kini memasuki persaingan yang semakin berimbang semenjak Steve Job tidak lagi ada di dunia.

Dan memang semuanya tidak boleh berhenti dengan meninggalnya Steve Jobs. Begitu Apple berlebihan dalam mengagungkan Steve Jobs, maka mereka akan jatuh dalam persaingan bisnis.

Di saat pesaingnya memunculkan teknologi-teknologi baru, mereka masih menggunakan image Steve Jobs untuk berlomba.  Kau tidak bisa memenangkan masa depan dengan menggunakan masa lalu.

Pembelajaran dari masa lalu memang berharga. Tapi pembelajaran itu tidak boleh memaksamu tinggal di masa lalu. Hanya mengagungkan masa lalu yang “pernah” menjadi juara satu takkan membuatmu menang di masa depan.

“Pernah” menjadi karyawan teladan, “pernah” menjadi pengusaha teladan, “pernah” manajer terbaik itu semua masa lalu. Dan kau tidak bisa mengandalkan masa lalu untuk meraih masa depan. Kau harus melakukan yang terbaik saat ini untuk mendapatkan masa depan yang terbaik.

Samsung yang saat ini mungkin memiliki posisi yang seimbang, juga tidak boleh jumawa dengan prestasinya. Ke depan akan ada lebih banyak pesaing-pesaing baru.

Sebagaimana Apple dulu mengungguli Nokia, kemudian sekarang Samsung bersaing dengan Apple, ke depan mungkin ada yang lain yang bisa mengungguli mereka berdua bila yang lama ini hanya bermodal “pernah”

Bagaimana dengan dirimu sahabat? Apakah kau juga bermodal “pernah”.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s