Tidak Besar, Hanya 2,5% Saja

kami tidak memintamu sebanyak itu, cuma 2,5% saja (sumber gambar: flickr.com)

kami tidak memintamu sebanyak itu, cuma 2,5% saja (sumber gambar: flickr.com)

“Orang-orang yanng menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritakanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam. Lalu, dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka. (Kemudian dikatakan) kepada mereka, ‘Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.'” (QS. At-Taubah: 34-35)

Besarnya balasan sebuah perbuatan itu pasti berbanding terbalik dengan kualitas perbuatan tersebut. Perbuatan baik dengan balasan prima pasti menunjukkan tingkat kesulitan yang tinggi.

Menahan amarah, bersedekah dengan harta yang paling kita cintai, haji mabrur, jihad, dan sedekah dengan sembunyi-sembunyi adalah beberapa contoh amal kebaikan yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Nah begitu juga sebaliknya ketika ada balasan berupa siksa. Semakin besar tingkat maksiat maka semakin besar pula tingkat siksaannya. Syirik, minum khamr, zina, membunuh, dan nifaq adalah termasuk di antaranya.

Dan bila kau melihat siksaan atau balasan bagi yang enggan menunaikan zakat, sebesar itukah godaan untuk tidak menunaikan zakat? Apakah jumlah yang harus kau berikan sebagai zakat itu sangat besar?

Yang diminta hanyalah 1/40 dari harta yang kau simpan. Bukan harta yang kau gunakan atau barang konsumtif. Rumah yang kau huni tidak wajib zakat, mobil yang tidak kau kendarai tidak wajib zakat.

Bila kau memiliki harta yang tak kau gunakan melebihi 85 gram emas atau sekitar Rp 45 juta kau hanya wajib mengeluarkan Rp 1.130.000 setahunnya atau Rp 94 ribu tiap bulannya. Apakah itu jumlah yang besar?

Lalu masihkah kau enggan menunaikannya dan berharap bebas dari siksaNya? Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s