Ilmu-Ilmu Allah Kadang Tidak Bisa Kau Jangkau Hanya dengan Nalar

Menurut manusia yang lebih hebat adalah yang lebih besar. Menurut Allah? (sumber gambar: flickr.com)

Menurut manusia yang lebih hebat adalah yang lebih besar. Menurut Allah? (sumber gambar: flickr.com)

Allah sudah memberikan akal agar manusia bisa berpikir logis dan memberikan pertimbangan yang baik atas perbuatannya. Tapi tahukah kau sahabat, bahwa dalam ilmu Allah bisa jadi ada hal-hal yang tak sanggup dinalar?

Allah-lah Dzat yang mengatur kehidupan manusia dan dunia. Maka Allah jugalah yang lebih mengetahui rahasia-rahasia untuk mendapatkan kebahagiaan, kesuksesan atau kemuliaan di dunia.

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Tidaklah sesuatu pemberian sedekah itu mengurangi banyaknya harta. Tidaklah Allah itu menambahkan seorang akan sifat pengampunannya, melainkan ia akan bertambah pula kemuliaannya. Juga tidaklah seorang itu merendahkan diri karena mengharapkan keridhaan Allah, melainkan ia akan diangkat pula derajatnya oleh Allah ‘Azzawajalla. (Riwayat Muslim)

Kebanyakan manusia mungkin mengira bahwa yang menjadikan banyaknya harta itu adalah dengan bersikap bakhil. Padahal menurut Allah sebaliknya. Bakhil itu yang akan membuat harta semakin sedikit.

Banyak manusia mengira bahwa mudah memaafkan itu berarti para pecundang, orang yang kalah. Tapi menurut Allah sebaliknya, semakin besar sifat pemaafnya semakin mulialah orang itu.

Dan banyak manusia mengira bahwa orang yang mengharapkan keridhoan Allah saja akan menjadi orang yang senantiasa tertindas. Padahal sebaliknya, dengan hanya mengharap ridho Allah, ia akan menjadi tinggi derajatnya.

Seringkali apa yang kau pikirkan tidak sesuai dengan ilmu-ilmu kehidupan yang diberikan Allah di atas. Maka apakah yang akan kau turuti? Akalmu yang terbatas ataukah ilmu Allah yang luas?

Wallahu a’lam

Sumber inspirasi: Hadits 554, Bab 60, Murah Hati dan Dermawan dalam kitab Riyaadhus shaalihin.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s