Cara Agar Sedekah Sebutir Kurma Menghasilkan Kebaikan dan Balasan Sebesar Gunung

Allah Maha Kuasa, sedekah sebutir kurma bisa berbalas kebaikan sebesar gunung

Allah Maha Kuasa, sedekah sebutir kurma bisa berbalas kebaikan sebesar gunung (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku, sedekah adalah sebuah amalah mampu memberikan kebaikan yang berlipat-lipat. Bahkan mungkin tidak pernah kau bayangkan sebelumnya. Ia akan berkembang dan berkembang, bukan menjadi diam kemudian musnah.

Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang bersedekah dengan seharga sebutir tamar (kurma) dan usaha yang halal, dan Allah tidak menerima kecuali yang baik, maka sesungguhnya Allah menerimanya dengan tangan kananNya. Kemudian Dia membesarkannya bagi pemiliknya sebagaimana salah seorang di antaramu membesarkan anak kuda, sehingga kebaikan itu seperti gunung.”

Segala puji bagi Allah. Sedekah memang sebuah amal kebaikan yang utama. Meskipun dalam jumlah yang kecil, tetap saja Allah Maha Kuasa sehingga bisa menjadikan sedekah seharga satu butir kurma membesar kebaikannya sebesar gunung.

Namun harus diingat, bahwa yang diinginkan Allah adalah asal sedekah itu harus jelas. Harta yang kau gunakan untuk sedekah itu haruslah benar-benar halal. Karena sesungguhnya Allah tidak menerima selain dari hasil yang baik.

Maka bila satu butir kurma dari usaha yang halal bila disedekahkan dengan ikhlas akan dikembangkan kebaikan dan balasannya hingga sebesar gunung, apalagi dengan yang lebih besar dari itu.

Oleh sebab itu sahabatku, tak perlu kau sungkan atau malu. Karena Nabi sendiri sudah menjamin. Bahwa satu butir kurma dari usaha yang halal itu akan diberikan balasan kebaikan yang jauh lebih besar.

Saat ini mungkin, tidak banyak yang bisa kau berikan. Mungkin hanya lima atau sepuluh ribu. Tapi asalkan kau memberikannya dengan ikhlas dan kau mendapatkannya dari usaha yang halal, Insya Allah akan berlipat kebaikan yang kau dapati.

Wallahu a’lam

Sumber inspirasi: Ringkasan Hadits Shahih Bukhari, kitab Zakat, Bab Sedekah dari Hasil Usaha yang Halal

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s