Jadilah Unik dan Berbeda

Menyengaja menjadi berbeda itulah strategi (sumber gambar: flickr.com)

Menyengaja menjadi berbeda itulah strategi (sumber gambar: flickr.com)

Banyak konsultan dan lembaga bisnis yang mengatakan tentang hal ini. Strategi, itulah sebuah kata yang sering menjadi topik utama pelatihan-pelatihan bisnis di manapun.

Dan semuanya pun memiliki makna tersendiri bagi yang menggunakannya. Namun berdasarkan artikel dari Michael E. Porter, strategi adalah menyengaja untuk menjadi berbeda.

Untuk menjadi berbeda memang tidak mudah. Bagi lembaga yang muncul belakangan, akan lebih mudah bila harus mengikuti arus yang memang sudah ada. Tapi bila ia memang ingin menjadi yang terdepan, sebaiknya ia menjadi berbeda.

Karena bila hanya mengikuti apa yang sudah ada, dia nantinya tidak akan menjadi apa-apa. Karena ia akan selau berada di bawah bayang-bayang yang pertama, kedua dan seterusnya.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menjadi berbeda? Ada tiga cara menjadi berbeda. Yang pertama, dengan melayani satu kebutuhan yang diperlukan oleh banyak pelanggan. Hal ini sudah dilakukan oleh Jiffy Lube. Dia hanya melayani penggantian oli, bukan jasa bengkel yang lain.

Yang kedua adalah melayan berbagai kebutuhan dari pelanggan tertentu. Hal ini dilakukan oleh Bessemer Trust. Dia melayani berbagai macam kebutuhan keuangan, tapi mereka hanya memilih para milyuner dan trilyuner sebagai pelanggannya. Bila perusahaan keuangan lain didatangi oleh pelanggan, Bessemer Trust mendatangi pelanggannya.

Dan ketiga adalalh melayani berbagai kebutuhan dari berbagai macam pelanggan tapi dari pasar yang terbatas. Hal ini dilakukan oleh Carmike Cinemas yang memutar film di daerah yang penduduknya kurang dari 200.000 yang biasanya tak dilirik oleh perusahaan besar.

Dengan menjadi berbeda memang harus ada penyesuaian. Harus ada yang dihilangkan, agar menjadi efektif, efisien, tapi tetap unik dan berbeda. Bagaimana caranya? Mungkin ini adalah keputusan dari masing-masing lembaga. Yang mana yang harus dihapus dan mana yang dipertahankan.

Apakah anda siap menjadi berbeda?

Wallahu a’lam

Sumber inspirasi: What Is Strategy? By Michael E. Porter

Download: What Is Strategy pdf

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s