Sedekah itu Wajib bagi Setiap Muslim

Saat tak ada harta yang bisa kau sedekahkan, kau bisa sedekah dengan membantu yang kesulitan

Saat tak ada harta yang bisa kau sedekahkan, kau bisa sedekah dengan membantu yang kesulitan

Bersedekah adalah sebuah perbuatan yang baik dan mulia, ia menjadi salah satu pilar kebaikan dalam Islam. Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa setiap muslim harus bersedekah. Tentu saja menurut kemampuan yang ia bisa.

Suatu ketika ada Rasulullah memberikan sebuah pelajaran, “Tiap muslim itu harus bersedekah.” Maka kemudian para sahabat bertanya, “Bagaimana dengan orang yang tidak memiliki harta, apakah ia tetap harus bersedekah?”

Lalu kemudian Rasulullah menjawab, “Maka ia harus bekerja, dan setelah ia mendapatkan rizki dari bekerjanya itu ia bisa menafkahi dirinya dan kelebihannya bisa ia sedekahkan.”

Para sahabat kemudian masih bertanya, “Bagaimana bila rizkinya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhannya? Apakah ia masih harus bersedekah?

Rasulullah menjawab, ”Bila ia tidak memiliki kelebihan harta maka sebaiknya ia membantu orang yang sedang dilanda kesusahan.”

Para sahabat bertanya lagi, “Bagaimana bila ia kemudian tidak menemukan orang yang kesusahan atau kesusahan tersebut tidak mampu ia bantu, apakah ia masih harus bersedekah?”

Rasulullah pun kembali menjawab, “Bila ternyata ia tidak bisa membantu orang yang kesusahan, maka sebaiknya ia mengamalkan atau mengajak orang untuk melakukan kebaikan.”

Para sahabat masih bertanya, “Bagaimana bila ia ternyata tidak mampu mengamalkan atau mengajak orang melakukan kebaikan?”

Rasulullah menjawab, “Maka bagi orang itu supaya menahan diri agar tidak melakukan kejahatan atau maksiat. Dan hal itu akan menjadi sedekah bagi dirinya.”

Subhaanallah. Sahabatku, sedekah itu adalah sebuah keharusan. Setiap kita wajib bersedekah, dan bukankah Rasulullah telah memberikan panduan yang memudahkan kita untuk bersedekah?

Lalu apakah kau masih merasa tidak wajib bersedekah? Entah itu dengan harta, tenaga, amal kebaikan, bahkan menghindarkan diri dari maksiat.

Wallahu A’lam

Sumber inspirasi: Ringkasan Shahih Bukhari, Kitab Zakat, Bab Setiap Muslim itu Harus Bersedekah

2 responses to “Sedekah itu Wajib bagi Setiap Muslim

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s