Panduan Sedekah yang Utama

Bila kau bisa melakukannya, maka kau layak dapat acungan jempol

Bila kau bisa melakukannya, maka kau layak dapat acungan jempol

Sahabatku, sungguh kebaikan terbaik itu akan kau peroleh jika kau rela memberikan apa yang terbaik kau miliki. Dan pengorbanan yang terbesar itulah yang membuatmu layak mendapatkan balasan yang juga terbesar.

Kini mungkin banyak orang menduga bahwa mereka bisa menyucikan harta haram dengan bersedekah. Atau mereka yang menyedekahkan yang mereka tidak lagi membutuhkan, barang-barang yang sudah menjadi bekas.

Bukan pengorbanan seperti itu yang diinginkan oleh Allah. Allah Maha Baik dan hanya menerima yang baik. Oleh sebab itu berikanlah hal-hal yang terbaik di jalan Allah.

Bagaimana kau tahu bahwa yang kau sedekahkan itu adalah  yang terbaik? Allah memberikan panduan yang sempurna. Dan bila kau mengikuti panduan ini maka insya Allah akan terhindar dari memberikan yang buruk dan cacat.

Panduan yang mudah ini adalah dengan membayangkan dirimu yang menerima. Apabila dirimu yang menerima harta itu, apakah kau akan menerimanya dengan senang hati, biasa saja, atau bahkan enggan?

Bila kau menjadi orang yang menerima dan dalam hatimu berkata, “Huh, barang begini saja disedekahkan?” Atau kau menerimanya dengan cemberut, maka itulah pertanda kau belum bersedekah dengan yang terbaik.

Ingat sahabat, bahwa bersedekah itu bukan meminta balasan kepada penerimanya melainkan kepada Allah. Allah yang sudah memberikan segala karuniaNya ini apakah layak mendapatkan pengorbanan yang remeh?

Barulah bila kau membayangkan sebagai penerima dan merasa senang dengan pemberian atau sedekah itu, maka kau menjadi seorang pelaku kebaikan yang terbaik.

Maka sudahkah kau mendapati dirimu berinfak dan sedekah dengan yang terbaik?

Wallahu a’lam

Sumber Inspirasi : Tafsir Ibnu Katsir Al Baqarah ayat 267

Artikel Terkait

Sedekah dengan Barang Bekas, Bolehkah?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s