Orang Baik Itu Tidak Selalu Sukses?

sukses itu berasal dari membantu kesuksesan orang lain

sukses itu berasal dari membantu kesuksesan orang lain (sumber gambar: www.flickr.com)

Sahabatku, dunia ini memang aneh. Kita sering melihat orang-orang yang berhati baik dan memberikan kebaikan pada orang lain tapi secara finansial orang tersebut biasa-biasa saja bahkan luar biasa tidak punya.

Ada juga orang yang secara kebaikan mungkin masih tidak seberapa tapi kekayaan dan hartanya luar biasa. Maka muncul pertanyaan, apakah orang yang baik itu sulit mendapat sukses?

Aku tidak tahu sahabatku, tapi kurasa defenisi sukses dengan memiliki kekayaan yang melimpah tidak terlalu tepat. Karena memang banyak orang yang memiliki kekayaan yang melimpah ternyata tidak bahagia.

Ada juga yang memiliki kekayaan tapi malah mengakhiri kehidupannya dengan bunuh diri. Entah apa yang terjadi, tapi itu menjadi pertanda bahwa ternyata sukses itu tidak selalu identik dengan kaya.

Meski miskin juga tidak mungkin dijadikan patokan bahwa orang tersebut adalah orang yang sukses. Lalu apa yang bisa dijadikan patokan bahwa orang tersebut sukses? Kurasa sebuah hadits dari Rasulullah saw patut dijadikan referensi.

Beliau menyampaikan bahwa “manusia yang terbaik adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lain.”

Hal ini berarti sukses bukan berarti membuat diri sendiri sukses, mendapatkan banyak harta dan kedudukan yang tinggi. Tapi sukses yang hakiki adalah membuat orang lain mendapatkan manfaat dari suksesmu.

Semakin besar orang lain mendapatkan manfaat dari dirimu, maka semakin besar suksesmu. Dan itulah kesuksesan yang tidak akan membuat iri dan dengki sebagaimana iri dan dengki pada pemilik harta dan kedudukan.

Maka orang yang baik itu pasti adalah orang yang sukses. Karena orang yang sukses adalah orang yang memberikan kebaikan kepada manusia lain. Dan orang yang baik adalah yang bisa memberikan jalan sukses bagi manusia lain. Wallahu a’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s