Belajar dari Amazon.com dalam Membantu Pelanggan

Sudahkah kau membantu pelangganmu?

Sudahkah kau membantu pelangganmu?

Persaingan dalam bisnis sekarang ini sudah tidak terbayangkan. Perusahaan-perusahaan yang dulu maju dan besar bisa saja sekarang ini menciut karena adanya perubahan dalam hidup manusia.

Faktor itu sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Dengan adanya internet dan sosial media, iklan sekarang ini sudah mulai memiliki lawan sepadan.

Iklan yang seringkali ingin mengedepankan brand harus berhadapan dengan perusahaan yang menggunakan pendekatan yang berbeda yakni dengan memperhatikan pelanggannya.

Itulah juga yang dicontohkan oleh Amazon.com. Dalam menjual barang-barang yang ada mereka memberikan bantuan berupa review tentang barang-barang yang ada.

Memang tidak semua review produk bernilai positif. Karena ada juga produk-produk yang memang tidak memberikan pengalaman yang menyenangkan akan diungkapkan oleh pemakainya.

Tapi hal ini sebenarnya sangat bermanfaat karena bisa memberikan panduan kepada pelanggan yang lain sehingga mereka bisa kembali memikirkan sebelum membeli produk yang ditawarkan.

Pertanyaannya adalah apakah kau juga memberikan bantuan yang sama kepada pelangganmu? Apakah kau menginformasikan produk yang kau miliki dengan jujur?

Sepertinya prinsip menjual atau selling sekarang harus mulai diperbaiki kembali. Karena sekarang ketika kau hanya fokus pada menjual maka kau akan kehilangan fokus pada kepuasan pelanggan.

Berikut ini adalah artikel yang bisa kau baca lebih lengkap soal berinvestasi pada pelangganmu.

Wallahu a’lam

Invest in Your Customers More Than Your Brand – Michael Schrage – Harvard Business Review download

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s