Masihkah Kau Menganggap Zakat Tak Wajib?

Zakat adalah sebuh bukti iman dan Islam-mu sahabat

Zakat adalah sebuh bukti iman dan Islam-mu sahabat

Suatu ketika Rasulullah memerintahkan kepada Mu’adz bin Jabal untuk pergi ke Yaman. Misinya adalah untuk mengajak penduduk Yaman ke dalam Islam dan mengajarkan mereka hal-hal yang diwajibkan oleh Allah kepada mereka.

Jadi, yang pertama, Rasulullah berpesan agar Mu’adz mengajarkan para penduduk Yaman terlebih dahulu beriman pada Allah dan Rasulullah sebelum kewajiban-kewajiban yang lain.

Dan bila setelah itu mereka beriman dengan bukti dua kalimat syahadat, Rasulullah meminta Mu’adz menyampaikan kepada mereka bahwa dalam Islam diwajibkan untuk melaksanakan shalat sehari semalam sebanyak lima kali.

Dan bila setelah itu mereka mengikutinya dengan melaksanakan shalat lima waktu, Rasulullah juga berpesan agar para Muslim di Yaman menunaikan sedekah wajib (zakat) yang hartanya berasal dari orang-orang yang kaya dan diberikn kepada orang-orang yang fakir.

Ini adalah sebuah rangkaian kewajiban seorang muslim sahabat. Setelah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan meyakini bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, maka ada kewajiban-kewajiban yang harus kau jalani sebagai muslim.

Kewajiban yang menjadi bukti bahwa orang tersebut adalah muslim ada dua, yakni Shalat dan Zakat. Shalat adalah kewajiban untuk berhubungan dengan Allah. Dan Zakat adalah kewajiban yang dinilai sebagai ibadah tapi memiliki dimensi sosial.

Dan tidak semua muslim zakat ini diberlakukan. Hanya orang-orang yang kaya sajalah zakat diberlakukan. Harta yang didapatkan diberikan kepada orang fakir di daerah yang sama.

Maka sholat dan zakat ini hukumnya wajib. Dan kedua hal inilah yang menjadi bukti apakah kau muslim yang sebenarnya atau tidak. Maka pertanyaannya ialah, apakah kau benar-benar seorang muslim?

Wallahu a’lam

Sumber inspirasi: Shahih Bukhari, Bab Wajibnya Berzakat.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s