Inilah Sedekah yang Paling Utama

Godaan terbesar ketika bersedekah adalah ketika ada kesempatan yang menguntungkan dan kita dalam keadaan sehat

Godaan terbesar ketika bersedekah adalah ketika ada kesempatan yang menguntungkan dan kita dalam keadaan sehat (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku, sesungguhnya balasan Allah atas amal ibadah telah ditetapkan sesuai dengan tingkat kesulitannya. Semakin sulit amal ibadah maka semakin besar keutamaan dan pahala yang dimilikinya.Maka dalam urusan sedekah ada juga sedekah yang memiliki balasan yang paling besar.

Seseorang datang kepada Nabi Muhammad saw dan bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling besar pahalanya?”

Maka Rasulullah pun menjawab, “Sedekah yang paling besar pahalanya adalah sedekah yang kau berikan saat kamu dalam kondisi sehat dan kikir. Kamu takut miskin dan bercita-cita menjadi kaya.”

“Namun, jangan menunda sedekah sehingga (nyawamu) sampai di tenggorokan baru kamu berkata, “Untuk si Fulan sekian dan si Fulan sekian, padahal Fulan telah memiliki benda itu.”

Sahabatku, ketika kau sedang dalam kondisi sehat dan membutuhkan, sedangkan kau khawatir akan kemiskinan serta mengharapkan kekayaan, itulah saat-saat sedekah yang paling besar pahalanya.

Karena memang di saat-saat seperti itulah kau paling membutuhkan. Ketika kau sedang melihat peluang untuk berinvestasi atau mendapatkan keuntungan yang besar, dan harta yang kau miliki dibutuhkan untuk memenuhi keinginan tersebut.

Siapapun yang mendapati kesempatan seperti itu pastilah berat untuk memberikan sedekahnya. Ketika kesempatan menjadi kaya dengan cara halal dan dengan modal yang kita miliki ternyata kita memilih untuk menyedekahkannya.

Subhaanallah, sungguh sebuah pengorbanan yang sangat besar. Tapi itulah tantangannya. Ketika bersedekah di saat kita longgar semua bisa melakukannya, tapi di saat sempit dan membutuhkan, hanya orang spesial yang mau melaksanakannya.

Bagaimana menurutmu sahabat? Bukankah itu sedekah yang paling utama? Wallahu a’lam.

Sumber Inspirasi: Ringkasan Shahih Bukhari. Bab Sedekah Manakah yang Lebih Utama?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s