Yang Menang Belum Tentu Lebih Baik

Yang Menang Belum Tentu Lebih Baik. (sumber gambar: www.kompas.com)

Yang Menang Belum Tentu Lebih Baik. (sumber gambar: http://www.kompas.com)

Sahabatku, hari Ahad kemarin tepatnya tanggal 24 Februari 2013 kita disuguhkan dengan sebuah aktivitas besar manusia di Jawa Barat. Pemilukada atau pemilihan umum kepala daerah namanya.

Kita melihat ada 4 berita kekalahan dan hanya satu berita kemenangan. Bisa jadi pilihan dan jagomu berada di antara kelima pasangan itu. Atau bisa jadi kau juga diantara sekian banyak yang pesimis dengan hasil pemilukada ini. Kau tidak yakin akan ada perbaikan yang signifikan bagi masyarakat.

Tapi apapun pilihanmu sahabatku, itu adalah pilihan. Dan pilihan itu adalah memiliki konsekuensi atau akibat yang harus siap kau jalani.

Bila kau berada di antara pendukung yang kalah konsekuensinya adalah mengakui kekurangan, dan siap bekerja lebih keras. Bukan untuk memenangkan pilihan kita, tapi lebih besar lagi, bekerja untuk kebaikan manusia. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi lainnya?

Namun bila kau di antara pendukung yang menang maka konsekuensinya jauh lebih besar. Kau harus siap melaksanakan tawaran-tawaran yang kau berikan dan janjikan. Kau bertanggung jawab tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat atas apa yang kau janjikan.

Kesimpulannya menjadi, baik menang atau kalah sebenarnya itu hanya masalah prioritas. Bagi yang menang prioritasnya adalah menjalankan apa yang telah dijanjikan di masa-masa kampanye.

Sementara bagi yang kalah prioritasnya adalah bekerja lebih keras untuk kebaikan manusia yang lebih banyak. Kedua-duanya berarti harus bekerja lebih keras. Tidak ada pilihan lain.

Yang membedakan adalah, satunya dikenal sebagai pemimpin, sementara yang lainnya dikenal sebagai anggota masyarakat. Itu saja. Dan tentu yang menang belum tentu lebih baik  . Karena sebenarnya yang lebih baik adalah yang bekerja lebih baik untuk memberi manfaat yang lebih banyak kepada manusia.

Yang manakah dirimu sahabat? Di manapun posisimu, mari bekerja untuk memberikan sebanyak mungkin manfaat bagi manusia lain.

Wallahu a’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s