Menjadi Mudah bagi Pecinta Sedekah

Ketika hujan telah usai sebuah sungai kecil terbentuk

Ketika hujan telah usai sebuah sungai kecil terbentuk (sumber: flickr.com)

Sahabatku, suatu ketika ada seorang lelaki pengembara yang berjalan di suatu padang yang gersang. Kemudian ternyata ia mendengar sebuah suara dalam awan, “Siramlah kebun fulan!”

Maka awan itu bergerak. Ia menuju ke sebuah tempat. Kemudian tidak lama setelah itu, awan itu menurunkan hujan yang deras di sebuah tanah tak bertuan.

Tidak jauh dari lokasi hujan tersebut ada sebuah sungai kecil yang mengalir. Ternyata dari air hujan turun terbawa oleh arus sungai kecil itu. Si lelaki itu pun kemudian mengikuti alirannya.

Beberapa saat setelah ia berjalan mengikuti aliran sungai, ia menemui seorang lelaki. Lelaki itu mengeruk aliran sungai tersebut, sehingga ia bisa mengaliri kebunnya.

Sang pengembara mendekati pemilik kebun dan bertanya, “Wahai hamba Allah, siapakah namamu?” Sang pemilik kebun menjawab, “Namaku adalah Fulan.” Si pengembara kaget, namanya sama dengan nama yang ia dengar dari awan.

Si pemilik kebun bertanya, “Mengapa kau bertanya namaku?” Si pengembara menjawab, “Sungguh, aku tadi mendengar namamu di awan yang barusan menurunkan hujan. Suara itu berkata, ‘Siramlah kebun Fulan.’ Dan nyatanya itu adalah namamu.”

Si pengembara yang keheranan melanjutkan pertanyaannya, “Apakah kau melakukan sesuatu yang khusus hingga kau mendapatkan hujan di antara padang yang gersang seperti ini?”

“Aku sebenarnya memperhitungkan betul-betul hasil kebunku ini. setiap kali aku panen, maka aku membagi hasilnya menjadi tiga. Sepertiga untuk kusedekahkan, sepertiga lagi untuk kumakan bersama keluarga, dan sisa sepertiganya lagi kukembalikan ke kebunku dalam bentuk bibit.” Jawab si pemilik kebun.

Sungguh sebuah kisah yang membahagiakan bagi para pecinta sedekah.

Wallahu a’lam

Sumber kisah: Hadits Riwayat Muslim, dari Riyadhus Shalihin Bab 60.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s