Mencari Tuhan Menemukan Hidayah

Sang Muallaf (sumber: Republika Online)

Sang Muallaf (sumber: Republika Online)

Sahabatku, pagi hari ini aku mendapatkan sebuah cerita yang sungguh mempesona. Seorang muallaf yang mendapatkan hidayah dengan perantaraan surat Al-Ikhlas.

Kisah sang muallaf bisa kau lihat di sini, http://tinyurl.com/bb5trhn. Sungguh sebuah kisah yang menginspirasi. Bagaimana dia secara logikanya mencari kebenaran hidup ini sebagaimana Ibrahim as mencari Tuhannya.

Maka ia mencari dan mencari, semua agama ia ubek-ubek. Ia mencari Agama manakah yang sebenarnya agama yang benar. Mulai dari Nasrani, Yahudi, Hindu dan Budha. Semuanya pernah ia pelajari, namun semuanya tidak masuk akal.

Semua agama tadi senantiasa membutuhkan perantaraan manusia untuk beribadah kepada Tuhan. Sementara bagi dia, seharusnya tidak perlu ada perantara untuk berdialog dengan Tuhannya sendiri.

Maka perjalanannya berakhir di Saudi Arabia saat ia bekerja di sana. Di sana ia membaca Al Qur’an yang dipinjamnya dari perpustakaan. Dan ia menemukan surat Al-Ikhlas. Sebuah surat yang pendek, tapi kekuatan konsep ketuhanan yang tergambarkan di dalamnya membuat ia yakin bahwa Islamlah yang benar di antara semuanya.

Semoga kita juga bisa semakin memperdalam Islam dengan senantiasa menambah keilmuan kita. Karena bukankah keilmuan itulah yang menyebabkan banyak orang masuk Islam. Mereka menemukan kebenaran.

Sementara bagi mereka yang enggan belajar dan merasa cukup dengan pengetahuan yang ia miliki, maka ia akan tertinggal dari mereka yang mencari pengetahuan yang utuh dari Allah SWT.

Mari sahabat, menambah pengetahuan Islam. Dengan menambah pengetahuan kita tentang Islam, niscaya keimanan kita akan dikuatkan oleh Allah.

dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al Quran itulah yang hak dari Tuhan-mu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.  (Al Hajj: 54)

Wallahu a’lam

2 responses to “Mencari Tuhan Menemukan Hidayah

  1. memperdalam makna dari pengertian mencari Tuhan….ibadah HAJI itu adalah perjalanan mencari TUHAN… jangan terlalu fanatik tentang apa yang sedikit kita pahami..

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s