Apakah Tahun Ini Tahun Baikmu?

Beruntung bagi seorang muslim, karena semua waktu adalah baik untuk melakukan kebaikan

Beruntung bagi seorang muslim, karena semua waktu adalah baik untuk melakukan kebaikan (Sumber gambar)

Sungguh beruntung umat Islam karena di dalam hari-harinya tidak ada kata hari-hari buruk. Yang ada hanyalah hari-hari baik.

Di saat banyak kebudayaan dan tradisi mengenalkan hari-hari sial, Islam hanya mengenal hari-hari baik dan hari-hari terbaik. Dalam satu pekan, ada hari-hari terbaik yakni hari Jumat. Dalam setiap tahun ada bulan terbaik yakni Ramadhan.

Tapi tidak ada hari-hari sial atau bulan-bulan sial, apalagi dengan tahun-tahun sial. Semua dalam Islam menjadi kebaikan. Dan apa yang disebut hari-hari terbaik karena Allah melebihkan hari tersebut dari hari yang lain. Bulan itu disebut bulan terbaik karena Allah memang melebihkan bulan itu daripada yang lain.

Bandingkan dengan tahun, bulan dan hari yang dikenalkan oleh budaya dan tradisi, semuanya berdasarkan nenek moyang. Padahal kita juga tidak tahu apakah nenek moyang kita apakah orang yang memang cerdas atau baik?

Oleh sebab itu sungguh beruntunglah orang Islam karena semua tahun, bulan dan hari adalah baik. Kebaikannya adalah karena memang semua waktu itu disediakan oleh Allah sebagai sarana agar manusia melakukan kebaikan.

Bukan berarti kita tidak menghargai bagaimana tradisi dan budaya kita. Karena Allah sendiri memerintahkan agar seorang anak tetap menjalankan perintah orang tua. Dengan syarat tidak melanggar aturan yang ditetapkan Allah.

Bahkan bila orang tua kita tidak seiman, kita masih tetap diminta Allah agar tetap berbuat baik kepada keduanya. Jadi tidak ada alasan harus menolak semua kebudayaan dan tradisi, tapi dengan syarat, tidak melanggar ketentuan Allah.

Sungguh beruntung memang orang Islam itu semua harinya adalah baik sehingga memungkinkan untuk melakukan kebaikan, kapanpun dia bisa melakukannya.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s