3 Langkah Menyulap Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Saat kegagalan menyerang, belajarlah

Saat kegagalan menyerang, belajarlah

Kesuksesan adalah dambaan semua orang. Tidak ada orang di dunia ini yang mengharapkan kegagalan. Begitu juga kau dan aku. Kita semua ingin keberhasilan dalam segala bidang yang kita geluti.

Namun kenyataan di dunia memang tidak semua harapan itu terwujud sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kegagalan juga menjadi sebuah keniscayaan bagi tiap orang, baik dalam pekerjaan, proyek, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tiga langkah yang bisa kau lakukan saat menghadapi kegagalan.

  1. Rasakan kesedihannya. Kegagalan itu pasti membawa sedih dan pilu di hati. Rasakan, munculkan, tampilkan rasa sedih itu. Menangis bukanlah sebuah kelemahan. Berikan waktu bagi dirimu untuk bersedih. Bila kau menutupinya, bisa jadi malah membuatmu kehilangan semangat (passion) dan terkungkung dalam kegagalan.
  2. Buanglah rasa malu. Diketahui sebagai orang yang gagal seringkali memang memalukan. Namun tahukah kau bahwa kegagalan sebenarnya bukan sesatu yang harus membuat malu? Karena memang semua orang yang sukses saat ini pasti sering merasakan kegagalan di masa lalu mereka. Jadi buanglah rasa malu itu.
  3. Dapatkan pelajaran yang berharga. Banyak orang yang mengatakan bahwa pengalaman (gagal) adalah guru yang terbaik. Tapi kau harus tahu dengan spesifik, bagian mana dari kegagalanmu yang memang harus kau pelajari. Karena bila kau tidak tahu hal mana yang membuatmu gagal, di masa yang akan datang kau bisa jadi mengulanginya.

Bagaimana menurutmu sahabat?

Sumber Inspirasi: blogs.hbr

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s